Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata

Foto-foto di lokasi Pantai (Wahana Pasir Putih) Dalegan bisa dilihat di sini.

Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km, setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari.Pantai Delegan dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Sebelumnya pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar untuk tempat bermain anak-anak. Namun lambat laun pengunjung semakin banyak sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa.Pantai Delegan memiliki luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih. Ombak yang ada disini cukup stabil. Sehingga banyak pengunjung yang sangat menikmati pantai ini dan tidak sedikit diantara mereka yang berenang dipantai.

Untuk fasilitas, meski dibilang minim, tapi inilah yang menjadi daya tarik sendiri sehingga pantai ini terlihat alami. Disini juga tersedia tempat bermain anak-anak, tempat bilas, dan makanan.



Obyek wisata ini kian menarik karena memiliki keelokkan yang tidak dimiliki obyek wisata lainnya yang ada di Gresik, bahkan sekitarnya. Karena sederetan pantai yang terdapat di Gresik belum ada ditemukan pasir yang selembut dan seputih di pantai delegan ini.
Keindahan pantai Delegan memang terletak pada butir pasir putih yang indah, dengan aliran gelombang lautnya yang tenang. Memang gelombang air laut yang tak begitu tinggi ini, dapat menguntungkan anak-anak untuk bermain-main ria di pantai itu. Mandi di pantai dan berperahu juga tetap merupakan daya tarik tersendiri, khususnya bagi anak-anak dan remaja. Kegiatan ini biasanya dilanjutkan dengan berjemur di terik matahari. Terkadang para wisatawan menanti saat sunset di pantai ini.

Kunjungan wisatawan ke pantai Delegan yang rata-rata meningkat tiap tahunnya, dapat membantu mendongkrak perekonomian bagi penduduk setempat.
Penduduk sekitar yang berada dalam empat pedukuhan itu, memanfaatkan obyek wisata ini sebagai lahan mencari nafkah. Ban-ban bekas yang awalnya tidak berfungsi, kini dapat diandalkan menjadi ladang keuntungan. Guna disewakan pada para wisatawan yang ingin berenang di tepian pantai.
Bahkan ada pula yang membuka souvenir, stan warung nasi, atau hanya menjual makanan ringan, serta usaha lainnya yang dikelola oleh warga setempat.
Tentu saja, hal itu memberikan keuntungan tersendiri kepada masyarakat desa Delegan. Berawal dari suatu tempat yang terlantar, kini secara perlahan dapat menjadikan ladang emas yang siap untuk merubah kehidupan masyarakatnya.

Berikut adalah Peta Lokasi Pantai Delegan: 


Lihat Pantai Dalegan di peta yang lebih besar

Pengunjung yang menuju ke pantai Delegan dengan rute dari arah timur, akan disuguhi pemandangan alami dari hutan jati sebelum Kecamatan Panceng. Pasir putih Delegan ini letaknya sangat strategis. Berada di perbatasan kota Gresik-Lamongan. Jalur ini biasa dilewati wisatawan yang sedang melewati pantai utara atau di sekitar hutan jati. Karenanya, sangat potensial dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Jawa timur.


Pantai ini menyuguhkan keindahan pantai yang landai dengan pasirnya yang putih bersih. Sehingga para wisatawan yang datang ke sana akan merasakan keeksotikan sebuah pantai yang indah. Di pantai yang airnya jernih ini, pengujung bisa berperahu ke tengah laut dengan aman, karena riak gelombangnya kecil. Selain itu juga dapat bermain air, berenang, mandi, atau sekedar berbasah-basahan di pantai ini.

Di tepi pantai ini, wisatawan bisa menikmati kenyamanan di bawah rindangnya pepohonan. Serta tak kalah menariknya, menikmati matahari tenggelam (sunset) saat fajar mulai menjelang.


.Mode Fashion OkRek . . .
5 komentar


  1. Pengunjung yang menuju ke pantai Delegan dengan rute dari arah timur, akan disuguhi pemandangan alami dari hutan jati sebelum Kecamatan Panceng

    BalasHapus
  2. Obyek wisata ini kian menarik karena memiliki keelokkan yang tidak dimiliki obyek wisata lainnya yang ada di Gresik.
    x-)

    BalasHapus
  3. iya bagus sekali :-d

    BalasHapus

YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -