Telogo Pegat di Gresik

Harjo
TELAGA PEGAT

BUKTI PENINGALAN SEJARAH SUNAN GIRI YANG TERABAIKAN

Untuk masyarakat Gresik, mungkin udah dak asing lagi dengan nama itu. ya, Telogo pegat orang-orang sekitar menyebutnya. Dari cerita-cerita, banyak sekali hal-hal yang mungkin sangat tidak masuk secara logika.Sunan Giri yang hanya dengan satu buah kendil (wadah buat tempat nasi terbuat dari tanah liat) yang begitu banyak orang mengambil nasi tapi tak bisa menghabiskan isinya.Itulah salah satu dari cerita menarik yang mewarnai dari kisah asal usulnya.

Bagaimana keadaan Telaga Pegat sekarang? Ada semacam rasa keprihatinan dalam hati begitu melihat keadaan telaga tersebut, yang di sana sini penuh sampah, belum lagi banyak tumbuhan liar yang memenuhi seluruh permukaan telaga tersebut.

Semoga dengan tulisan yang tiada berguna ini,saya berharap dari instansi-instansi terkait yang kebetulan membaca tulisan ini bisa meninjau langsung guna mengambil langkah terbaik sebagai jawabannya.



Sunan Giri memiliki peninggalan sebuah telaga yang juga berada di kawasan Giri, Kebomas. Telaga tersebut bernama Telaga Pegat. Telaga ini konon tidak pernah surut, walaupun sering terjadi musim kemarau yang berkepanjangan. Turun dari bukit untuk masuk ke jalan besar saya terlihat tembok pembatas telaga. Di belakangnya kelihatan sebuah kolam yang disebut Telaga Pegat. Kolam ini dibangun oleh Sunan Giri lebih 500 tahun lalu.

 Berikut beberapa foto Telogo Pegat.



 Berikut adalah peta lokasi Telogo Pegat Gresik.


Telogo Pegat di Gresik

.
Arif Gunawan 
kalo nggak salah ingat seh katanya dulu dinamakan telaga pegat karena memisahkan dua gunung yaitu gunung bagong dan gunung patireman dan ada juga yang mengatakan telogo pegat hanya makna kiasan yaitu utk memisahkan hal yg baik dan buruk...CMIIW..


Nissa Wahyudi 
dulu itu tlga pegat smpe k wlayah jeblok trz d pisah sma sunan giri mkax d nmakan tlga pegat, tu crta dr gruq yg kbetulan murid dr kturunan sunan giri. q jg g tw kbnrnnya.


Edy Prianto 
Tapi sekarang gunungnya kemana Mas Arif Gunawan ... ? Koq sepertinya ada gunung kapur saja ...


Arif Gunawan 
la emang di gresik kan pegunungan kapur om...


Edy Prianto 
Maksud saya yang diposisi mana Gunung Bagong dan Gunung Patireman itu ...


Arif Gunawan 
hmm kalo salah mohon di luruskan ya....xixixixi... gunung bagong itu skarang di kenal dengan petukangan dan gunung patireman itu sekarang di kenal dengan daerah makam sunan giri...CMIIW


Harjo 
Mksih semua.Mbak Mikayla Punyadewi,mas Arif Gunawan, mbak Nissa Wahyudi,mas Edy Prianto.Mas Edi,mngkin untuk selamanya Telogo pegat akan slalu di manfakatkan,warga sekitar sampai sa'at ini msih banyak s x yg menggunakan,blm lg para peziarah yg sblumya udah mngenal nmanya msih banyak yg datang dari jauh untuk bisa mandi di peninggalan Sunan Giri tsb.

Edy Prianto 
Mbak Mikayla Punyadewi kalo Suara Gresik ini bukan milik siapa2 tapi milik kita semua ... demikian juga dalam kegiatannya kita berupaya agar selalu bisa menumbuhkan kebersamaan ... termasuk bila dalam napak tilas justru teman2 yang bernisiatif bawa ini itu untuk bisa dimakan rame2 setelah napak tilas dan ada moment untuk diskusi dari berbagai sisi tentang TKP tersebut ... dan itu sudah berlangsung beberapa kali. Colek Mbak Widya, Mbak Ocha Susanti, Mbak Ayuna Fitria Fadjrin, P. Muhammad Samsul, Mas Afandi Kusuma, dll.


Edy Prianto 
Ini berawal dari keprihatinan kami akan minimnya orang-orang yang peduli terhadap makam-makam disekitar tempat mereka tinggal. Selain tidak terawat juga minimnya informasi. Padahal saya yakin beliau-beliau itu adalah orang-orang hebat di zamannya ... tentu bila bisa dibukukan akan menjadi luar biasa ... justru orang akan berbondong-bondong datang ke Gresik karena teknologi informasi memungkinkannya untuk disampaikan kepada dunia ... Dan industri sudah selayaknya menyingkir dari perkotaan ...


Widya 
kebanyakan orang salah kaprah dengan telaga pegat. ..yang menghubung-hubungkan bisa berpisah dengan pasangannya. ..
sebenarnya sunan Giri. ..membuat telaga tersebut untuk memisahkan antara Gunung Bagong d Gunung Petireman. ..
dlx Gunung Bagong digunakan sebagai tempat belajar. .baik mengaji...bela diri. .d kegiatan keagamaan lainnya. ..sedang yang dimaksud Gunung Petireman sesuai namanya. ..sebagai tempat tinggal. ..atau pondokan sunan Giri beserta keluarganya. ..
tlga pegat sendiri. ..punya banyak fungsi dulunya. ..sebagai sumber pengairan.. biasanya dh orang yang jahat seperti perampok... pembunuh.. bahkan murid-murid sunan Giri....dimandikan di situ. ..agar drx menjadi bersih. ...d hal-hal yang buruk dihilangkan. ...
dl juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit yang menyerang di Gresik ini. .. ..
Jadi arti pegat dsni = memisahkan 2 gunung.. ..


Fatim Fitri Ndut 
#arif_gunawan op ae zo.....rebut mbahas eson adus ng logo,tak kandani z,saumur eson kecul cilik smpai sa' mne eson drung tw adus ng logo cak,,,mangakne eson penasaran tp syang eson g isok renang....hehehehehe


Fatim Fitri Ndut 
Lah #mbak_widya ik bru bner,,,bhasan e,,, kpan zo isok mbalik no fungsi kro keindahan tlogo pegat koxok jaman biyen 


Harjo 
Cak Moel Phoiz,ini ada cerita mnrik jg agak lucu mngenai prtanya'an smpean td.tman q yg di kawisanyar pnya tamu dr Surabaya.,jln2 mngajak memancing di telaga tsb.kra cpek jg kpanasan, mreka mandi di situ.apa yg terjadi?,slah satu dr mreka ada yg tenggelam di kedalaman hanya stengah meter dr t4 tsb.Untung bs di selamtkan warga situ.Ahir crita orang yg tnggelam td dr prkata'an tmnya, bhwa dia udah ngomong kl air tlaga rupane ngene kok di gae adus.nggilani ah.CATATAN:prcaya dak prcaya kt smua sharusnya bs saling mnhormati.,trmasuk dgn alam di sekitar kita.Selebihnya Allahualam.Gitu sdikit infone cak Moel Phoiz


Widya 
sprt yg q jls kan sblmx. ..fungsi dr tlga ni. .. stiap tmpt pst dh pkuncenx. ..
krna qt hrs mnjg dr. ..dlm artian. ..tdk blh mnghina...saling mnghormati dan tepo sliro. .baik ssama mkhlk hdp...ato pun. ..goibx. ..tgg q sendr jg anakx minggal dstu bbrp thn lalu..


Widya 
insya Allah telaga ini bisa berfungsi sama seperti dulu. ..jika saja. ..masyarakat sekitar bisa menjaga kebersihan. .dan merawat dengan baik. ..
banyak orang yang tidak memahami bahwa sangat besar manfaat telaga ini. ...
tidak hanya di telaga ini saja. ..maaf sebelumnya tapi ada gua-gua di sekitar Giri situ yang dijadikan tempat. ..pcran. ..dll. ..
Mohon kiranya kita sebagai warga harusnya bangga karena di kota kita ini. ..banyak sekali peninggalan-peninggalan dari para wali. ..dan mengandung sejarah yang sangat tinggi. ..tapi banyak pula yang terbengkalai. ..bahkan tidak mengenal sejarahnya d orang luar Gresik yang tau. .. ..
Mari bersama kita mencoba melestarikan dan kita kenalkan pada dunia luar. ..kalau kota kita ini menyimpan sejuta makna. ..


Harjo 
Betul s x mbak Widya.Smoga keberada'an jg fungsi dr telaga itu sndiri bs slallu memberi manfa'at sterusnya kpd generasi nanti,smga kberada'an telaga tsb slallu bs mngigatkan Sejarah yg bermata rantai menuju ke Mbah Sunan Giri dan kekaya'an pninggalan dr poro wali yg di Gresik ini.


Roma Dhona 
telogo pegat hehee..iling cilikanku biyen sering mancing di telogo ini, dulu bersih & indah dipinggirnya banyak pohon2 rindang skrng kotor & kering sayang rekk...telogo ini adalah salah satu aset situs sejarah islam Gresik , ayo dulur...apa gak ada rcn dari teman2 Suara Gresik utk mengadakan aksi sosial bersih2 telogo pegat...spy kalau ada tamu dr luar kota berkunjung ben ora malu...hehee ini usulan saja.


Fatim Fitri Ndut 
Sudah bnyk usulan mngenai it cak,,,bersih2 telaga,cm y it blum ad yg bergerak,msh bnyk yg hrus d bcrakan n rencanakan tdk asal mnjlnkan hrus ad izinnya dlu,,,,

Widya 
sekarang ini kalau kita ngandalin dinas-dinas terkait biasanya. ..lambat. ..bahkan kadang tarsok" ....
bagaimana kalau kita sebagai warga Gresik. ..mencoba. ...misalnya patungan beli cat. ...atau sementara yang termudah membersihkan dulu sampah" ... ..semuanya kita lakukan step by step. .. ... ..jika kita bersama" ...pekerjaan berat pun kan terasa ringan. ...mungkin dengan begitu. ..bisa membuka bdn" terkait. ...tuk lebih peduli kekayaan. .di peninggalan di kota sendiri. ...

Widya 
ku rasa. ...itu langkah awal. ..yang mungkin. ..kelihatan sepele. ..tapi. ..sangat besar manfaatnya. ..ku harap. ..hal bkn hanya sekedar di dumay. ..tapi harus kita realisasikan. .. ..


Harjo 
Sbagai tambahan.Sbelum memasuki kawasan telaga Pegat,kita akan melewati dua buah Gapura.,sayang,pintu gerbang msuk tsb di samping tak terawat,salah satu dr dua gapuro tsb malah dak kelihatan krna tertutupi bangunan.Sayang bukan?hehehe
Foto Harjo.

Widya 

ya begitulah. ...minimnya kepedulian kita akan. ..peninggalan sejarah. .. jangan kan yang berupa benda mati. ..ada juga pejuang yang dulu. ..mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan. ..perang melawan penjajah. ..kini. ..setelah tua bagai kan sampah. ..terlunta-lunta di jalanan... ..sungguh rendahnya moral kita. .. pemerintah. ..????
7 komentar


  1. tempat seperti ini yang penting harus selalu bersih, apalagi kalau di tengah kota. :rolled: :hemmm:

    BalasHapus
  2. Memang diperlukan kepedulian masyarakat selain memanfaatkan juga menjaga kebersihannya ...

    BalasHapus
  3. Saat INI 13 Feb 2015. Banyak tumbuhan liar di telaga. Yg bisa menimbulkan pendangkalan Dan mengurangi keindahan telaga

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Telaga ini ada 3 pintu besi besar di dalam air untuk terowongan didalam airnya, dahulu dipakai sebagai jalur pelarian apabil ada musuh menyerbu. 3 arah tersebut adalah lamongan, madura, dan satu ke arah kedaton sunan giri.

    Itu saja rahasia telaga pegat yang juga disebut telaga kawisanyar ini. Dua jalur ke lamongan dan madura konon telah disemen pada jaman Belanda. Yang pintu ke arah kedaton yang tahun 60an masih bisa digunakan.

    BalasHapus

YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -