Semangat pemerintahan tidak boleh bergeser dari esensi program yaitu kemampuan melaksanakan rencana

Ahmad Zaini Alawi 
Semangat pemerintahan tidak boleh bergeser dari esensi program yaitu kemampuan melaksanakan rencana (the ability to deliver result). Tapi kini kelihatannya hanya sebagai tontonan pemborosan sumber daya (resource consuming ceremony).


Sumber utama ekonomi biaya tinggi adalah virus-virus KKN (kolusi, korupsi & nepotisme). Virus ini akan melahirkan banyak penyakit turunan seperti :
1. Mental penggelembungan (mark-up mentality)
2. Kebiasaan segala sesuatu dikompromikan (aturable).
3. Penyimpangan dianggap kewajaran (pathology of normalcy) dan sebagainya. Semua bisa diatasi salah satunya dengan "titik-dobrak" yaitu REFORMASI BIROKRASI PEMERINTAHAN. Jangan sampai birokrasi malah menjadi bagian dari masalah, bukan bagian dari solusi (part of the problem, not part of the solution). Birokrasi harus melakukan terobosan, jangan berobosan (jalan dewe-dewe), jangan sampai juga melahirkan culture of expellence (budaya keterpinggiran).


Izzat Bja Gooners 
yang jadi pertanyaan... apa bnar smkin mngecilnya smber daya alam ini karena kslah pahaman program pngembangan ekonomi sperti yg bpak ktkan sblumnya atau memang sengaja untuk meminimalis sumber daya tersebut dn berevolusi ke dunia bisnis ato perindustrian ??



Ahmad Zaini Alawi 
@Izzat Bja Gooners :
Ada 4 konsep pemikiran tentang industrialisasi :
1. Industrialisasi berdasarkan pada keunggulan komparatif.
2. Industrialisasi berdasarkan keterkaitan dan keterikatan antar sektor hulu dan sektor hilir
3. Industrialisasi berbasis pengembangan teknologi tinggi.
4. Industrialisasi berbasis ambisi kekuasaan tanpa melihat industri perioritas.
Dari keempat ini, kita bisa memberikan pilihan jawaban.. Anggap saja ini soal ujian multiple-choice (pilihan berganda).. Hehehehe


Izzat Bja Gooners 
1. keunggulan komparatif : keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh organisasi seperti SDM, fasilitas, dan kekayaan lainnya, yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan organisasi atau perpaduan keunggulan beberapa organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
2. keterkaitan & keterikatan antar sektor hulu dan sektor hilir : keterkatan & keterikatan antar sektor pelaku perindustrian yang mengoptimalkan kegiatan eksplorasi industri tersebut dengan sektor yang cenderung kepada sifat bisnis dan tidak mengenal adanya mekanisme pengembalian biaya operasi. Maka dalam kegiatan usaha hilir dimungkinkan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada badan usaha baik besar, menengah, maupun kecil, yaitu BUMN, BUMD, koperasi, dan usaha kecil lainnya.
3. pngembangan teknologi tinggi : Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi, sehingga menempatkan suatu bangsa pada kedudukan sejauh mana bangsa tersebut maju didasarkan atas seberapa jauh bangsa itu menguasai kedua bidang tersebut di atas dengan arah untuk (1) Menentukan keberhasilan membangun masyarakat maju dan mandiri, (2) Mempercepat peningkatan kecerdasan dan kemampuan bangsa, dan (3) untuk mempercepat proses pembaharuan.
4. ambisi kekuasaan tanpa melihat industri perioritas : nahh sektor ini mungkin yang masih menjadi penyakit kita karena tanpa melihat industri pertambakan ato pertanian... hehehe.. brang kali ada slah pngertian ttg pngertian masing2 konsep.. monggo di coret2 pak
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -