APA ARTI KEMERDEKAAN

Muhammad Samsul
APA ARTI KEMERDEKAAN

Proklamasi bagi bangsa kita merupakan phase tranformasi dari kolonial Belanda ke rezim penguasa berikutnya. Walau pemimpin rezimnya baik tp orang orang didalamnya merupakan penjajah nasib rakyat.
Dari ORLA, ORBA, Orde reformasi, jg Orde yg paling baru semua sama penindas nasib rakyat demi kekayaan kekuasaan dan keabadian jabatannya. sesungguhnya negara ini belum merdeka, masih dijajah penguasa yg mengatasnamakan wakil rakyat. Mereka lebih licik dari kolonial dan licin seperti belut kecemplung oli.

Aturan dan undang undang mereka buat , jg celah hukum mereka bubuhkan dlm undang undang dg tujuan mereka bisa lolos dari jerat hukum lewat celah tersebut saat mereka langgar.

Lalu kapan kita merasakan udara kemerdekaan yg hakiki seperti bangsa lain ?. Mustahil rasanya itu terwujud jika masih banyak penjajah nasib rakyat yang bercokol di Senayan.

Semoga jeritan hatiku ini bisa menggugah para pembaca utk memilih secara bijak wakil kita di Senayan nanti, jgn sampai salah kita memilih wakil kita.
jangan keliru pilih penjajah nasib rakyat hanya karena selembar uang yg seharga 1 bungkus rokok.


Hadi Karno 
Rakyat kecil seperti kami mengatakan,Negara kita memang belum merdeka...(rakyat kecil seperti kami belum bisa merasakan kesejahteran di negara ini,hanya orang tertentu atau para petinggi,pemimpin,dewan,wakil rakyat yg hnya bisa mengatakan Aku wis Merdeka),kami mencari nasi sepiring sehari buat keluarg aja susah...(hanya kata janji yg terucap dari mereka2)


Edy Prianto 
Saatnya rasa memiliki kemerdekaan diwujudkan


M Zach 
klo bangsa yang sudah berdaulat dalam politik ,, mandiri dalam ekonomi dan berbudaya dalam kepribadian ,, itulah yang dikatakan bahwa bangsa itu telah merdeka


Hadi Karno 
#M_Zach itu udah apa belum terbukti di negara kita ?


Abd Hkim 
Memang secara Defacto dan Dejure Indonesia sudah merdeka ,tapi untuk pengakuan dari seluruh rakyat nya yang hidup dinegara indonesia,sebagian belum merdeka ,tidak meratanya pembangunan didaerah,Tidak meratanya kesempatan untuk lapangan pekerjaan ( masih banyak nipotisme ). Tidak adanya penghidupan yang layak , tanah ,air dan udara banyak dikuasai asing,tidak jaminan hidup tenang oleh negara ( banyak konflik konflik horisontal ,dan itu dipelihara oleh penguasa untuk pengalihan isu ) .penggusuran dimana mana,belum adanya tempat tinggal yang layak bagi sebagian rakyat indonesia.


Historiyono Kusdaryanto 
orang yang dholim tidak akan lolos melewati jembatan sirotolmustaqim


Bambang Ali Muhajir 
Orang merdeka adalah orang yg terbebas dari belenggu duniawi... rasa belum merdeka itu karena gak puas dgn keadaan sendiri... terlalu banyak kepentingan mereka... lebih baik kita mencoba untuk berusaha memerdekakan diri sendiri dengan menjalankan kewajiban kita...


Zulfikar Baharudin Fikar 
HK@ tapi selalu terhindar terhindar dari jembatan masuk penjara ....


Abd Hkim 
Mas zulfikar HK@ itu siapa


Zulfikar Baharudin Fikar 
Historiyono Kusdaryanto ...


Muhammad Samsul 
Untuk semua komentator ; kemerdekaan adalah hak setiap individu. Bebas dari belenggu baik lahir dan bathin.Ada benarnya apa yg ditulis rekan Ali Muhajir, tp kami melihat kenyataan di masyarakat bukan mengaca pada diriku sendiri. Juga bukan ketidakpuasan hatiku melihat kenyataan hidupku tp kepahitan hidup masyarakat umum yg merasa tertindas oleh permainan kotor elite politik negara ini. Indonesia merupakan negeri yg kaya suber alamnya. Berbagai mineral tersedia di alamnya. Tapi karena ulah penjajah yg bercokol di Senayan, semua kekayaan itu seolah tak ada artinya bagi rakyatnya. Korupsi merajalela di setiap Birokrasi salah satu permainan kotornya, jg masalah minyak. Negara Kita adalah pengexport minyak, tp rakyat kesulitan mendapatkan minyak. Ibarat gagak mati di atas tumpeng. Kalau saja semua kekayaan alam negara ini digunakan utk kemakmuran rakyatnya, mustahil ada rakyat kelaparan krn gagal panen. Bayi bayi kurang gizi, orang tdk bisa berobat sakitnya dll.Kondisi inilah yg sekarang byk terjadi .
13 jam yang lalu melalui seluler · Suka

Bambang Ali Muhajir 
Pak Muhammad Samsul... keadaan semacam ini gak hanya di indonesia tapi seluruh dunia... konspirasi ini udah ada sejak sebelum masa Indonesia merdeka... diperparah setelah masa orde baru dimana semua sda indonesia di exploitasi oleh asing... rakyat negeri ini dididik menjadi konsumtif... Nah sekarang sangat berat bagi kita untuk melepaskan diri... mungkin langkah terbaik bagi kita adalah mendidik anak2 kita untuk menjadi orang yg produktif dengan memanfaatkan hobi mereka... sy hanya bisa berusaha agar generasi selanjutnya menjadi produktif dan saya coba pd anak saya sendiri... semoga Allah merestui...


Historiyono Kusdaryanto 
Coba hayati pasal dalam UUD 45 ini
Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Dari satu sisi ini aja jika pemerintah konsisten menerapkan, indonesia akan gemah rimpa loh jinawi
Hingga janji pemerintah memelihara Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar gampang ngelakoninya Apalagi bisa memperdayakan, semakin ringan beban negara.
Tapi mental tikus para elit politik dan penyelenggara negara mengikis habis harapan tersebut


Buku Dan Majalah memang ada benarnya semua koment ini, karna dunia menganggap indonesia bak harta karun yang terbuka dan diserbu baik cara halus maupun kasar, bahkan digerogoti dari dalam, lantas pertanyaannya "apa yang harus kita perbuat?" sementara persoalan negara ini sudah pada kerapuhan multi dimensi.


Fahmi Rido 
Artine yo merdekaaaaaaa, onok karnafal mobil hias


Afandi Kusuma 
"Aturan dan undang undang mereka buat , jg celah hukum mereka bubuhkan dlm undang undang dg tujuan mereka bisa lolos dari jerat hukum lewat celah tersebut saat mereka langgar."

Begitulah manusia, jika dibiarkan membuat aturan sendiri, untuk diri mereka sendiri.
Selayaknya kita hanya mengambil hukum dari yang berhak membuat hukum yakni Tuhan.
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -