Komoditas udang dan bandeng adalah komoditas perikanan yang pasarnya besar

Inilah kesalahkaprahan program pengembangan ekonomi di kabupaten Gresik yang tampak meninggalkan sektor industri perikanan seperti tambak dan lain-lain. Padahal sektor ini menjadi fokus perhatian kementerian KKP khususnya udang, komoditas udang Indonesia laris di pasar dunia terutama Eropa, Jepang, dan Cina daratan. Potensi penyerapan tenaga kerja sektor ini juga lumayan jika dikembangkan. Komoditas udang dan bandeng adalah komoditas perikanan yang pasarnya besar. Udang dan bandeng adalah dua dari empat komoditas yang memiliki nilai ekonomis tinggi (high economic value) dan permintaan pasar tinggi (high demand product).
Izzat Bja Gooners harus ada komunikasi serta kerjasama yg baik antara pemerintah, pengusaha industri dan masyarakat sekitar untuk memperatahankan serta mengembangkan pertanian ato pertambakan agar tidak ada yang merasa di rugikan...
dn sya rasa generasi dgn mentalitas pekerja sdah mulai bermunculan mulai skrang bhkan tdak sdkit pak...

Pemerintah Gresik perlu mengembangkan budi daya ini dengan merevitalisasi kembali fungsi tambak dan perikanan. Jangan hanya pabrik-pabrik yang dikembangkan. Jika bukan kemauan pemerintah dan perhatian DPRD Gresik siapa lagi? Merekalah lembaga yang memiliki otoritas untuk membuat suprastruktur berupa kebijakan. Maka anggota dewan ke depan harus berkualitas pada bidang-bidang ekonomi rakyat.

Pemerintah kabupaten Gresik dan anggota dewan harus cerdas kebutuhan pasar jangka panjang, akibat banyaknya industri yang diijinkan inilah akhirnya mencemari tambak-tambak sekitarnya, bertahun-tahun polusi-kontaminatif, kandungan logam berat sudah melebihi ambang batas yang menurunkan jumlah dan kualitas pembudidaya udang dan tambak.

Kita menghimbau pada pemerintah Gresik dan legislator agar segera membuat kebijakan nyata yang berpihak pada keberlangsungan usaha tambak udang dan bandeng, dan tindakan mengurangi polusi-kontaminatif segera dilakukan. Tentunya berbagai aspek perlu diperhatikan antara lain :
aspek ekonomis,
aspek sosial,
aspek lingkungan,
aspek teknis,
aspek pendampingan,
aspek akselerasi modal,
aspek manajemen, dan
aspek pemasaran.

Lembaga-lembaga potensial yang dimiliki masyarakat lokal bisa diajak secara partisipatif melaksanakannya... Semua pasti bisa kalo ada goodwill yang kuat dari kepala daerah.

Ahmad Zaini Alawi 

0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi,Blogger, Tenda OK, BuAYU, GMP, Carteran, Artikel, FamaGrosir, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO,