Manfaat Belimbing Wuluh, Daun Sirih, Pandan

Afandi Kusuma
IKLAN :

Tersedia daun pisang (biasanya untuk bungkus makanan)

Gratis
Syarat : maksimal tiga daun, Ambil sendiri

Jl. Awikoen Madya no 5, Gresik (0878 525 808 85)

(Tersedia juga daun sirih, daun pandan, serai, blimbong wuluh : semua gratis, syarat secukupnya)
   


Historiyono Kusdaryanto 
wah enak gae mbothok, semakin langkah di gresik kota, ambil ah......


Afandi Kusuma 
tinggalane Eyang (almarhum) sayang tidak ada yang memanfaatkan daunnya, jadi kering.


Afandi Kusuma
Foto Afandi Kusuma.


Zulfikar Baharudin Fikar
Foto Zulfikar Baharudin Fikar.


Afandi Kusuma 
apa itu Zulfikar yang akan dibudidayakan di Gresik ?


Zulfikar Baharudin Fikar 
bibit2 apotik hidup yg sudah meredup di kota pudak ini dan itu adanya dihutan larangan ,,,


Afandi Kusuma 
aku ada tempat untuk menanam, senang sekali aku kalau bisa ikut membudidayakannya. dan nanti kalau bisa tumbuh dan berkembang, bisa dibagikan kepada yang membutuhkan.


Afandi Kusuma
Foto Afandi Kusuma.


Historiyono Kusdaryanto 
sirih antibiotik alami, bisa nyembuhkan sakit mata, radang tenggorokan, bagi kaum hawa, bisa tuk obat tolak selingkuh


Afandi Kusuma 
tapi tidak bisa tolak nambah lagi Pak Historiyono


Historiyono Kusdaryanto 
itu yg diharapkan


Afandi Kusuma 
hehehe

Edy Prianto 
Kalo mau buat manisan blimbing wuluh di sekarkurung juga siap banyak kalo mau ambil


Afandi Kusuma
Foto Afandi Kusuma.


Muhammad Samsul 
Mas Afandi, mas edy Priayanto semua bisa Biji bijian bisa dipetik jug daun pisang bisa dipapas, kalau sudah banyak telepon aku, tak bawakan pick up, tak jadikan duwet, enak kan ?


Historiyono Kusdaryanto 
Manfaat belimbing wuluhBelimbing wuluh adalah termasuk jenis buah-buahan yang sangat bagus untuk kesehatan, khasiat belimbing wuluh diyakini mampu untuk mengobati berbagi jenis penyakit yang sedang kita derita.
Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang sedang kita derita, yaitu :

Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah untuk mengobati batuk. caranya adalah kita ambil dulu bunga belimbing wuluhnya sebanyak 25 kuntum, satu jari kulit kayu manis, satu jari rimpang temu giring, 1 jari kencur, seperempat genggam pegagan, 2 siung bawang merah, seperempat genggam daun saga, seperempat genggam daun sendok, seperempat genggam daun inggu. Setelah itu seluruh bahan itu kita cuci dan potong kecil-kecil. Rebuslah dengan sebanyak 5 gelar air putih hingga tersisa setengahnya saja. Saring, dan minum air rebusan tadi dengan dicampurkan menggunakan madu sebanyak 3 kali satu hari.
Mengobati batuk rejan. Caranya adalah dengan mengambil 10 buah belimbing wuluh dan kita cuci hingga bersih, remaslah menggunakan dua sendok air garam. Saring, dan minumlah air ramuannya sebanyak dua kali dalam sehari.
Mengobati batuk anak. Ambil 1 genggam bunga belimbing wuluh, gula secukupnya, adas beberapa butir, dan 1 cangkir air putih. Campuran seluruh bahan itu ditim beberapa jam. Setelah didinginkan, kita saring menggunakan kain dan kita bagi untuk 2 kali minum.
Mengobati gondongan. Ambillah 10 ranting belimbing wuluh yang masih muda disertai dengan daunnya dan ditambahkan dengan 4 siung bawang merah. Tumbuklah hingga halus, lalu ramuannya kita balurkan di tempat yang sakit.
Mengatasi rematik. Caranya adalah ambil sebanyak satu ons daun belimbing wuluh yang masih musa, 15 biji merica, 10 biji cengkeh, tumbuk sampai halur. Lalu tambahkan juga cuka putih secukupnya sampai menyerupai bubur dan kita oleskan di tempat yang sakit.
Mengatasi panu. Ambillah sebanyak 10 buah belimbing wuluh yang masih segar dan kita haluskan. Campurkan kapur sirih dan oleskan sampai rata di bagian yang ada panunya.
Manfaat belimbing wuluh yang terakhir adalah bisa mengobati jerawat pada wajah. Cara untuk membuat ramuannya adalah kita ambil belimbing wuluh secukupnya kemudian kita tumbuh sampai halus. Ramuannya diremas menggunakan garam secukupnya dan dipakai untuk menggosok wajah kita yang ada jerawatnya


Historiyono Kusdaryanto 
Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap. Untuk lebih lengkapnya mengenai khasiat daun sirih dan cara penggunaanya di bawah ini :

Mengobati pendarahan pada hidung / mimisan : 1 lbr daun sirih agak muda dilumatkan , gulung sambil ditekan sehingga keluar minyaknya. Gunakan untuk menyumbat hidung.
Sebagai obat batuk : Rebus 15 lembar daun sirih dengan tiga gelas air sampai tersisa ¾ air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan satu sendok madu. Lakukan hingga batuk hilang.
Sebagai obat bronchitis : daun sirih sebanyak 7 lbr, gula batu satu potong direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum 1/3 gelas dengan aturan 3 x sehari.
Obat luka bakar : peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, lalu bubuhkan pada bagian kulit tubuh yang luka akibat terbakar.
Menghilangkan bau badan : rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gls air sampai menjadi 1 gls, minum secara rutin tiap hari.
Mengobati bisul : Cuci daun sirih secukupnya, giling hingga halus, lalu bubuhkan pada bisul dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.
Menghilangkan aroma kurang sedap pada mulut : 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.
Mengobati sariawan : 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh mulut anda. Buang ampasnya.
Mengobati keput!han : Rebus 10 lbr daun sirih menggunakan 2,5 ltr air, angkat, lalu pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci bagian k3m4lu4n.
Obat jerawat : tumbuk 10 lbr daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gls air panas. Setelah dingin, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
Mengobati diare : 6 lbr daun sirih, 6 biji lada, 1 sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada bagian perut.
Mengurangi air ASI berlebih : ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan diatas api sampai layu, hangat-hangat tempelkan diseputar p4yud4r4 yang bengkak.
Mengatasi mata merah dan gatal : rebus 6 lbr daun sirih menggunakan 1 gls air hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata anda sembuh.


Historiyono Kusdaryanto 
Daun pandan (Pandanus amaryllifolius Roxb) adalah tumbuhan yang biasa dipakai untuk bahan pewangi alami pada makanan, dan tanaman ini termasuk kedalam famili Pandanaceae, tanaman ini sangat khas dengan harumnya yang alami dan enak untuk dicium, dan memberikan efek tenang karena pada daun pandan terdapat suatu zat yang disebut dengan zat tanin. Selain sebagai bahan tambahan dalam masakan, daun pandan ini ternyata memiliki khasiat yang sangat berguna sebagai tanaman herbal. yaitu untuk :

1. Menghilangkan ketombe
caranya yaitu dengan menumbuk daun pandan sampai halus, kemudian peras dan saring sehingga didapatkan air pandan yang wangi. kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut yang memiliki ketombe dan ulangi secara berkala sampai ketombe menjadi hilang

2. Menghitamkan rambut
caranya ambil daun pandan sebanyak 10 lembar, kemudian potong-potong sepanjang 2-3 cm, lalu rebus dengan air putih sebanyak 2 gelas, sehingga dihasilkan air rebusan menjadi 1 gelas. Kemudian diamkan selama satu malam (diembunkan).
ambil 3 buah mengkudu masak, kemudian parut sehingga menghasilkan air perasan. Setelah itu campurkan air perasan mengkudu tadi dengan air pandan dan pakailah layaknya sampo pada rambut anda secara merata, kemudian bilas sampai bersih dengan air putih.dan dilakukan seminggu 3-4 kali

3. Menurunkan Darah Tinggi
caranya adalah dengan merebus daun pandan dengan air putih 2 gelas hingga didapatkan sisa 1 gelas air saja,
Setelah itu minum pada pagi hari dan sore hari, sehingga darah tinggi anda normal.

4. sebagai penenang bagi yang lagi galau ataupun gelisah
Ambilah 3 lembar daun pandan,cuci bersih. kemudian seduh dengan segelas air panas dan tambahkan madu jika perlu,setelah itu minum selagi masih hangat.

5. Rematik dan pegal linu
ambilah 3 lembar daun panda terus iris-iris tipis, kemudian campurkan dengan setengah gelas minyak kelapa panas(diseduh) dan aduk-aduk sampai daun pandan menjadi layu, setelah itu dinginkan.
Kemudian campurkan ramuan tadi dengan minyak kayu putih dan oleskan terhadap bagian yang terkena rematik ataupun pegal linu

6. Penambah Nafsu makan
caranya ambilah daun pandan sebanyak 2 lembar kemudian rebus dengan air putih 2 gelas sampai menyisakan 1 gelas, setelah itu minum pada pagi dan sore hari. Jika perlu campurkan dengan madu sebagai penambah rasa manis.


Ismul Mubarok 
Waduh...klo serai, blimbing dan pandanya ak mau...mau tak tanem di kebun kecilku...


Afandi Kusuma 
monggo Mas Ismul Mubarok, kalau mau ambil bibitnya...
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -