TRADISI LEBARAN KETUPAT DI KAUMAN GRESIK

PERJALANAN UNTUK MENIKMATI GURIHNYA LEBARAN KETUPAT DI KAUMAN GRESIK

Bukan cuma ketupat sayur plus opor ayam, telur puyuh, dan sate bumbu kacang yang begitu asyik untuk dinikmati di acara Lebaran Ketupat di Kauman, ada banyak lagi yang lebih lezat untuk dinikmati dari makanan yang sangat menggoda selera itu tadi. Sungguh pengalaman yang menyenangkan, yang pertama bagiku, yang semakin membuat aku bersyukur bisa mengenal grup Suara Rakyat Gresik. Kenal Mas Edy, dan juga Mbak Santi, dan tentu juga teman-teman yang lain.

Berawal dari percakapan Mas Edy dan Mbak Santi, yang penuh keakraban, aku mengira keduanya sudah lama kenal bukan cuma di dunia maya, namun ternyata belum pernah bertemu sebelumnya. Kebetulan pada hari Lebaran Ketupat di Kauman. Dan kebetulan pula Mbak Santi adalah warga Kauman yang begitu dermawan. Kebetulan aku sudah kenal dengan Mas Edy, yang kebetulan belum lama juga, namun bisa langsung akrab. Akhirnya undangan datang dari Mbak Santi yang kami sambut dengan senang hati. Tentu saja, iming-iming nikmatnya ketupat yang ditawarkan, masak ditolak.
Mbak Santi yang kerja di Lamongan, memang bisa memberikan harapan kepadaku untuk ikut bisa menikmati serunya Kupatan di Kauman, setelah sebelumnya aku membaca status teman yang lain mengenai hal ini. Kesempatan untuk mengobati kegagalanku untuk bisa ke tempat Mas Edy yang juga menawarkan ketupat sayur pada hari itu. Ya, di pagi harinya memang Mas Edy telah menawarkan ketupat sayur dengan menyuguhkan foto yang begitu menggoda, yang membuat ngiler orang yang melihatnya. Namun karena ada yang menunggu, aku tidak berhasil menemukan kediaman Mas Edy dan menikmati ketupat Sekar Kurung. Tidak menyangka, akhirnya mendapat yang lebih baik, yakni menikmati ketupat Kauman, dan dapat tambahan yang lebih gurih lagi dari makanan yang maknyus itu. Yang lebih gurih yang tidak dapat diambil fotonya, karena hanya makanan yang disuguhkan dan suasana gang-gang yang ada di Kauman yang bisa dipotret. 
Apakah yang lebih gurih itu? Yang lebih nikmat dari ketupat dengan lauk lengkap itu? Dialah keramahan warga Kauman, keakraban dan rasa kekeluargaan yang ditunjukkan, keunikan tradisi yang terus dilestarikan. Dan hal itu juga ditunjukkan dengan sangat jelas oleh Mbak Santi dan keluarga, dan juga beberapa warga yang berpapasan dengan rombongan dari SRG yang ikut menikmati kupatan di Kauman ini. Ya, seru dan menyenangkan. Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Mbak Santi yang lama menjadi penyiar radio, bisa membuat kami nyaman dan bisa menikmati keakraban yang lebih lagi, meski keakraban itu memang telah biasa ada di grup SRG. Terima kasih Mbak Santi. Terima kasih kupatnya. Terima kasih keramahannya. Terima kasih warga Kauman, Gresik. Kami mendapat banyak hal malam itu. Sampai jumpa lagi.

Acara kami lanjutkan dengan menikmati indahnya alun-alun Gresik di malam hari. Sambil menyaksikan anak-anak bermain, kami mendiskusikan pelaksanaan kegiatan SRG yang masih belum selesai, yakni menghadirkan tabloid yang ditunggu-tunggu oleh warga Gresik.


Edy Prianto 
Sangat menggoda untuk datang lagi tahun depan hehehe ...
Terima kasih Mbak Santi Putri barokalloh semoga saja tidak bosen2 didatangi gerombolan penghabis makanan hehehe ...

Edy Prianto 
Suasana yang begitu akrab ...

Edy Prianto 
Siiipp penyampaiannya juga maknyuss ...

Edy Prianto 
Sambutan hangat Mbak Santi Putri dan keluarga besar mampu mengobati penasaran akan tradisi lebaran ketupat di Kauman Gresik ...

Zulfikar Baharudin Fikar 
mas yayak nggegek ae rek ,, rupane kelingan masa lalunya ,,, heeeemmm ..

Zulfikar Baharudin Fikar 
sungguh menggoda selera menu khas yg disuguhkan saat kupatan di kauman ,,, wajib hukum nya untuk dilestarikan ...


Historiyono Kusdaryanto


MENIKMATI KETUPAT SAYUR TRADISI KAMPUNG KAUMAN
Kampung Kauman Gresik beda dengan daerah lain dalam merayakan Idul Fitri. Kampung dibelakang Masjid Jamik ini merayakan lebaran bukan pada 1 syawal tapi  8 syawal atau orang biasa bilang lebaran ketupat. Tak heran, disaat daerah lain merayakan Idul Fitri pada 1  syawal dengan saling silaturahmi, justru di kampung  Kauman tampak adem ayem. Baru pada 8 syawalnya ada gebyar di kampung itu.

Atas undangan SANTI, teman grup Suara Rakyat Gresik ( SRG) yg juga  warga Kauman, gerombolan SRG meluncur setelah sholat isyak. Sampai disitu ternyata suasana sudah begitu ramai. Jalanan kampung sudah penuh dengan orang2 yg mau bersilaturahmi. Kami pun berjalan menelusuri gang yg padat merayap (kayak jalan tol yg macet he he)
Usaha menerobos jejalan manusia terasa terobati dengan sambutan tuan rumah yg begitu familier. Berbagai hidangan menyambut kami, teristimewa kupat sayurnya. (Nggak usah saya ceritakan eneknya kupat sayur masakan mbak Santi. Nanti bisa bikin iri teman2 yg nggak sempat datang) Singkat kata, kata teman2 maknyuuussss... Terlepas dari semua itu, kami bisa menikmati salah satu tradisi Gresik yang sampai saat ini tetap lestari.

Hebatnya, tradisi lebaran (ketupat) di kampung Kauman ini sudah berjalan ratusan tahun. Menurut cerita (tapi iki temenan rek....) Kebiasaan puasa sunah 6 hari setelah 1 Syawal itu dulunya diperkenalkan oleh ulama Kiai Baka yang masih keturunan Sunan Giri. Kiai Baka adalah pengajar ilmu tarikat Satariyah yang lahir dikampung itu. Saat itu Kiai Baka mengajarkan santrinya agar mengikuti sunah Rasul dengan berpuasa Syawal selama enam hari. Tradisi itu diteruskan hingga kini, bahkan nama Kiai Baka akhirnya diabadikan menjadi nama Kampung Kebakahan. Karena lidah orang jawa angger njeplak (asal ngucap) jadi Bekakaan. ( jangan salah,  bukan bekakak ayam lo)

AJANG KETEMU JODO
Sudah hal yang lumrah, setiap tradisi yg masih berjalan, pasti punya hasil samping. Salah satu hasil samping lebaran ketupat di kampung Kauman ini adalah ketemu jodoh. Tidak sedikit jomblowan dan jomblowati ketemu jodohnya di sini. Orang kauman sendiri mengamini hal itu. Kebanyakan  setelah lebaran ketupat selesai, bulan  berikutnya acara lamar melamar pasti marak terjadi di kampung ini. Kalau gak percaya tanya cak Cemot. Saya pun mengalami hal yang sama. He  he he......  Siapa yang masih jomblo datang tahun depan !!!! Salam SRG.

Ayiek Qomariyah 
Percoyo koK cak...acr Tm jodoh...he he
mabengi ESoN ape ng Kauman tp g sido, gonok kancane. Wes sue son dak silaturahim ng Kauman. Sakjane akeh konco..n Q'y sue g petuk.

Afandi Kusuma 
rame-rame ke Kauman, dapat kupat, opor ayam, telur puyuh, sate bumbu kacang, dan juga yang lebih gurih lagi

Afandi Kusuma 
yang masih jomblo, datang, maka tahun depannya sudah tidak jomblo lagi... begitu ya Pak Historiyono?

Ayiek Qomariyah 
Afandi kusuma...
Makasih jempolny.
Selain dpt kupat sayur dpt centelan jg ya...wah Iso ngrenteng....xixixi

Ayuna Fitria Fadjrin 
hahahahaha....

Afandi Kusuma 
menyusuri kampung Kauman di waktu Lebaran Ketupat

Afandi Kusuma 
kupat, sayur, opor ayam, telur puyuh, gurihnya lebaran di Kauman... yang lebih gurih lagi, tidak bisa dipotret...

Ayuna Fitria Fadjrin 
Nyam nyam nyam....  untung kemarin ikut... kalo enggak ikut ga bisa merasakan keripik anggur hahahaha

Bu Lis Hany 
hmmmmmm andai acranya bs diualang y mas yayak

Afandi Kusuma 
tahun depan Bu Lis Hany

Bu Lis Hany 
siiip, aku tak bw dopet (ktupate ad uangnya yg pernah aku tahu/benarkah

Afandi Kusuma 
itu ada fotonya, Bu Lis Hany, bisa langsung dinikmati, tidak perlu uang lagi

Ayiek Qomariyah 
Bu lies hang,,,,
Smalam aku sakjane ape budal ng Kaman mbak... akeh konco dsono tp gonok ewange..rodo ayas"en....
Wah ngertio ngono pean tak jemput mbak rame" KTM konco lawas skalian nostalgia

Bu Lis Hany 
melok gethon rek..(karo klamud2)

Bu Lis Hany 
he'em mas fandi...hr ini mbak ayik piket, aku kan sdh hhhhhh

Mbah Lolamakinsabarsekali 
Kenapa pasti Ada Telor puyuhnya di tiap sayur ketupat,apa ada sejarahnya ??

Afandi Kusuma 
karena kalau telur burung unta terlalu besar Mbah Lolamakinsabarsekali

Mbah Lolamakinsabarsekali 
Hahaha,,,,,telor bebek/ayam/buaya ,

Edy Prianto 
Mbah Lolamakinsabarsekali kalo cari telur penyu ya ... sulit
trus kalo telor mata sapi ... kasihan sapinya hehehe ...

Mbah Lolamakinsabarsekali 
Adatnya Beda,,,,di tempatku pake Tempe,kentang di gresik pake tahu,telor, he,,,,

Edy Prianto 
Kalo soal lauk pelengkapnya Mbah Lolamakinsabarsekali sesuai yang mudah didapat di daerah masing2 tanpa mengurangi arti dan makna dari LEBARAN KETUPAT itu sendiri ...
Silaturahminya sama ... berbaginya sama ... hanya tempat saja yang berbeda karena antara TEGAL dan GRESIK memang jauh ... seperti bis AKAP ( Antar Kota Antar Propinsi ) hehehe ...

Zulfikar Baharudin Fikar 
Gresik memang kaya tradisi yang wajib hukumnya untuk dijaga dan dilestarikan ,, karna tradisi dan budaya asli gresik sangat kental dengan nafas religi nya ...

Edy Prianto 
Yang terutama saya atas pribadi dan atasnama teman-teman SRG terima kasih yang sebesar-besarnya atas HOSPITALLY shohibul bait Mbak Santi Putri ...
Sebelumnya kami memang ingin meliput kegiatan "LEBARAN KETUPAT DI KAUMAN" akan tetapi kami belum tahu kontak personnya siapa ... ternyata Tuhan mengirimkan korban yang akan dijadikan lokasi "GEROMBOLAN SRG" bisa menikmati KUPAT LEPET dan sekaligus memotret hiruk pikuk silaturahim di Kampung Kauman ...
Sekali lagi terima kasih ... semoga apa yang telah dilakukan barokalloh mudah-mudahan semakin dilancarkan rezekinya dan dimudahkan segala urusannya ... amin ...
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -