TRADISI MALAM SELAWE (25) DI MAKAM SUNAN GIRI

dari : Edy Prianto

RAMADHAN DI GRESIK
TRADISI MALAM SELAWE BERBURU LAILATUL QADAR DI MAKAM SUNAN GIRI



Pengertian Lailatul Qadar atau Malam Kemuliaan

Mereferensi Al Qur'an Surat Al Qadar: 2 - 5
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ?
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Dimanakah untuk mendapatkannya

Berdasarkan Hadits Siti ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, dia berkata : "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan" Dan beliau bersabda, “Carilah malam Lailatur Qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Kenapa harus ke Makam Sunan Giri

Tradisi malam selawe atau menjelang hari ke 25 Ramadhan bisa dikatakan malam puncak bagi peziarah yang datang ke Makam Sunan Giri, mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang tua dan lanjut usia. Mereka tak hanya datang dari daerah Gresik dan kota sekitarnya tetapi juga dari luar daerah, bahkan luar pulau.

Para peziarah berbaur menjadi satu untuk melantunkan bacaan Surat Yasin, Tahlil dan berdoa dengan harapan selain mendapat berkah juga mendapatkannya malam Lailatul Qadar. Padahal diawal-awal Ramadhan justru Makam Sunan Giri bisa dikatakan sepi dari peziarah ... kalaupun ada hanya beberapa orang itupun warga sekitar makam.

Adanya tradisi Malam Selawe guna berburu Lailatul Qadar tak diketahui sejak kapan adanya, akan tetapi sudah berlangsung secara turun temurun dan menjadi cerita dari mulut-ke mulut sampai sekarang.

Deviasi Makna Malam Selawe

Selain itu untuk berziarah banyak pula pengunjung yang memanfaatkan momen Malam Selawe hanya sekedar dengan jalan-jalan, berbelanja, menikmati kuliner sampai hiburan bagi anak-anak.

Ada Ratusan PKL mengais rezeki di sepanjang jalan ± 1 km. Dimulai dari jalan Sunan Giri hingga jalan Sunan Prapen. Mereka berjualan pakaian, makanan, minuman, jajanan khas gresik, asesoris, dan lain-lain. Dengan jumlah peziarah yang berjejal dan PKL yang membludak dikanan-kiri maka jalanan Sunan Giri ditutup untuk kendaraan umum pada malam itu dan akan dibuka kembali esok harinya.

Agaknya nilai tradisi Malam Selawe ini mulai bergeser menjadi pasar malam di bulan Ramadhan. Selain itu juga dimanfaatkan sebagian generasi muda untuk jalan bareng atau bermesraan dengan lawan jenis.

Semoga dengan tulisan ini adanya penyadaran kita untuk kembali memaknai Malam Selawe di Makam Sunan Giri adalah untuk berziarah dan berburu Malam Lailatul Qadar.

By : Edprint 2013

Doa Istimewa di Malam Lailatul
Qadar
Oleh: Badarul Tamam
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇﻧَّﻚ ﻋَﻔُﻮٌّ ﺗُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻌَﻔْﻮَ ﻓَﺎﻋْﻒُ ﻋَﻨِّﻲ
Allahumma Innaka 'Afuwwun, Tuhibbul 'Afwa, Fa'fu 'Anni
" Ya Allah, sesungguhnya Engkau Mahapemaaf dan senang memaafkan, maka maafkanlah kesalahanku. "


Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulillah, keluarga dan para sahabatnya.
Doa di atas adalah doa yang berkaitan dengan sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan dan punya kaitan dengan Lailatul Qadar.
Doa tersebut menjadi sangat istimewa karena diajarkan sendiri oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam istri tercinta beliau, ummul mukminin 'Aisyah Radhiyallahu 'Anha .
Yaitu saat 'Aisyah bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu jika aku mendapatkan Lailatul Qadar, apa yang harus aku baca?" kemudian Beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab, "Ucapkanlah:
ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇﻧَّﻚ ﻋَﻔُﻮٌّ ﺗُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻌَﻔْﻮَ ﻓَﺎﻋْﻒُ ﻋَﻨِّﻲ
" Ya Allah, sesungguhnya Engkau Mahapemaaf dan senang memaafkan, maka maafkanlah kesalahanku. " (HR. al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad. Imam al-Tirmidzi dan al-Hakim menshahihkannya)

4 komentar


  1. dulu waktu aku masih kecil, sering diajak Mbahku ke makam Sunan Giri, dan salah satu momen yang waktu itu aku belum tahu, kini aku sudah tahu : Malem Selawe. :waaa:

    BalasHapus
  2. Sukses Mas Afandi Kusuma ... hanya profil group Suara Rakyat Gresik belum masuk ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mau saya masukkan, tapi di profilenya tidak ada keterangannya Pak Edy.
      atau mungkin sebenarnya ada, cuma saya yang belum tahu, mau copy dari mana.
      [img]http://2.bp.blogspot.com/-v5-s2Pzj1vc/Ufth5UAa3GI/AAAAAAAAGVI/FuN0gDzcHKY/s640/Suara+Rakyat+Gresik.jpg[/img]

      Hapus

YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -