Kelas Unggulan Boleh [Wawancara Kepala Dinas Pendidikan Gresik Bapak Drs. Nadlif, M.Si]

Kelas Unggulan [Wawancara]
Kemarin (6 Nopember) SG Mewancarai Kepala Dinas Pendidikan Gresik Bapak Drs. Nadlif, M.Si, di ruang kerja beliau Jl. Arif Rahman hakim No. 2 Gresik.

Berikut kutipan percakapan yang terjadi dengan sangat akrab dan terbuka, mengenai KELAS UNGGULAN. (Mengenai masalah lain, diposting terpisah)

SG: "RSBI kan sudah nggak ada Pak, tapi yang kelas unggulan masih ada yang kapasitasnya ditambah, yang satu kelas ditambah menjadi dua kelas. Bagaimana itu Pak?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Saya, Gak opo-opo lo, wong kelas unggulan ae, nyata ne iku apik."

SG: "Biayanya Pak?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Yo, sing mampu ae, sampeyan iku, wong kelas unggulan, gak gelem yo ga opo-opo."

SG : "hmm hehehe"

Drs. Nadlif, M.Si : "Lo, ini untuk kepentingan anak didik kita loh, untuk memacu, tuk berpacu. La nek wis ala kadarnya, epek-epek, nek sekolah yo epek-epek Mas."

SG : "Apa nggak membebani begitu Pak, biayanya?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Gak opo-opo Mas."

SG : "Tidak apa-apa ya?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Gak apa-apa. Asalkan itu dirembuk, dimusyawarakan. La nek kelas unggulan gak narik la tambah apik yo.
Sampeyan iku mbahas kelas unggulan e opo, mbahas narik an e?"

SG : "Ya dua-duanya"

Drs. Nadlif, M.Si : "Oh. Nek mbahas kelas unggulan ojo dikaitkan dengan tarik an."

SG : "Kok bisa begitu Pak?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Sebab ada kelas gak unggulan yo narik. Jadi sekarang kalau kelas unggulan, dimusyawarakan dengan orang tua. Wong jenenge ae kelas unggulan, nek perlakuane sama dengan kelas yang lain, yo ndak ada kelas unggulan Mas. Dan kelas unggulan itu untuk memacu mereka berprestasi ya."

SG : "Tujuannya untuk kelas unggulan itu, apa?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Tujuannya yo, untuk mempercepat, percepatan akselerasi, prestasi.

SG : "Percepatan prestasi ya?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Iyo, percepatan prestasi, wong, kelas unggulan iku. Nah, mereka juga semakin giat la, dia di dalam kelas itu sendiri"

SG : "Dan itu dengan biaya tambahan, tidak masalah ya Pak?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Lo, nek biaya tambahan iku kan bisa dirembuk Mas. Sak iki nek, kelas yang lain ndak pake AC, Eh iki kelas unggulan rek pake AC, urunan dewe. Lah ngunuh iku kan yo ndak masalah. Ndak masalah. Jangan diasumsikan, kalau kelas unggulan terus anu..."

SG : "Jadi, sekali lagi, kelas unggulan tidak apa-apa Pak ya?"

Drs. Nadlif, M.Si : "Tidak apa, selagi tidak membebani orang tua yang berlebihan. Dan harus subsidi silang. Kalau ada orang tua.. apalagi anak pinter dari anak yatim, itu tidak mungkinlah kalau tidak diperhatikan. Itu kalau ada iuran apa-apa kalo bisa kan dibebaskan. (yang yatim dan miskin)"

....
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -