Sabar + Nriman + Loman + Ngalah + Akas + Temen

Mari kita belajar dan membentuk kepribadian yang diajarkan Waliullah.
Insya' Allah menjadikan kita bermanfaat, eksis dan mulia di dunia dan akhirat.

S A B A R
Tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, putus, asa patah hati) ;
Tabah: menerima musibah, derita
Tenang; tidak tergesa-gesa; tidak terburu nafsu

N R I M A N
Selalu Ikhlas menerima segala sesuatu baik hasil upaya ataupun kejadian dalam hidup sebagai ketetepan Allah SWT yang harus disyukuri.

L O M A N
Dermawan, tidak pelit. suka memberi kepada membutuhkan ataupun tidak membutuhkan namun memintanya.

N G A L A H
Rela berkorban untuk orang lain demi kebaikan bersama
Tidak egois, tidakmenang sendiri,

A K A S
Ringan tangan, suka membantu dan mengerjakan tanpa menunda-nunda.

T E M E N
Benar : Yang diucapkan adalah benar
Bersungguh-sungguh baik dalam berjanji maupun melakukan pekerjaan dan tugas serta bertanggungjawab.

Semoga Allah SWT. menganugerahkan kekuatan kita untuk menghayatinya dalam hidup kita. Amin yaa Robbal Alamin



    NV Harjosuwitoe sabar * nriman * loman * ngalah * akas * temen * prigel * diatas anda telah panjang lebar membeber arti kata berkaitan agama dan tingkah laku yang harus di jalani oleh manusia berkeyakinan luhur ( aku bilang mantap dan siip )

    Asri Terate iya c bagus ini sik belajar...semboyan iku musti ada di setiap bangun nx Mbah Thoyib ( Ulama' Wringin Anom )..nek iso nglakoni kabeh sempurno mungguhe Piyantun luhur

    NV Harjosuwitoe kita memahami kemungkaran tidak mungkin hilang sama sekali dibumi ini . Termasuk gresik . Tetapi setidaknya sebagai kota santri PEMERINTAH dan ULAMAK harus serius meminimalisir kemaksiatan . terasa tabu jika kita mendiamkan di depan matakita melihat r...Lihat Selengkapnya

    Afandi Kusuma sabar + nriman + loman + ngalah + akas + temen

    Edy Prianto Terima kasih P. Bagus Cahyono, Bu Asri Terate dan P. NV Harjosuwitoe telah berkenan berbagi. Ringan diucapkan namun untuk mengamalkannya perlu perjuangan yang luar biasa ...
    Dimulai dari "TOTO NIAT" karena segala perbuatan akan tergantung dari niat tersebut (Inamal 'akmalu biniyah).
    Dan dalam prosesnya tentu tidak sedikit adanya upaya pembelokan2 baik dari "SYETAN" yang nampak maupun yang tidak tampak. Sehingga LA KHAULA WA LA KUWATA ILLA BILLAH. ( Tidak ada kekuatan/ Kemampuan selain pemberian dari ALLOH ).
    Senantiasa memuji dan bersyukur akan setiap keadaan dan perlu sangat disadari bahwa itu bukan untuk diri namun dikembalikan kepada Sang Pemilik. ALHAMDULILLAHI ROBBIL ALAMIN. ( Segala puji itu hanya "KEPUNYAAN ALLOH", Tuhan semesta alam ).
    Bila sudah demikian saya yakin : sabar * nriman * loman * ngalah * akas * temen * prigel * mengalir bagaikan di samudra luas. Karena kita sudah menyiapkan keluasan diri ...

Afandi Kusuma 
kalau mendefinisikan "prigel"... itu apa ya?

NV Harjosuwitoe 
prigel mudah bergaul * ringantangan sopan

Bagus Cahyono 
Fenomena memprihatinkan yg sering kita lihat itu adalah bagian yg sudah dicegah sejak jaman turunnya agama2 terutama agama samawi,Cak NV Harjosuwitoe. Namun karena hawa nafsu jua segala perilaku yang anda paparkan kini kembali dan semakin marak. Memang perlu perhatian ekstra oleh pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk menekannya. Bukan terbatas dengan cara membubarkan dan melarang kemaksiatan saja. Tetapi dengan pengawasan dan menerapkan kembali pendidikan budi pekerti yang di dalamnya sarat dengan norma2 yang selaras dengan perintah agama. Diiringi suri tauladan para orang tua dan yang dituakan, niscaya akan terlaksana tujuan pembangunan masyarakat mulai dari masing2 individu. Berangkat dari diri sendiri dan orang terdekat kita dalam memerangi kemaksiatan.
Bila dihubungkan dengan petuah “sabar + nriman + loman + ngalah + akas + temen” , barang kali termuat dalam kata Sabar, dan Temen. Sabar, tahan terhadap godaan. Temen, bersungguh2 berpegang pada perintah menjauhi larangan.

Bagus Cahyono 
Iya Yuk Asri Terate, semoga kita diberi kekuatan dan bimbingan Allah SWT untuk ngelakoni dan menghayatinya

Bagus Cahyono 
Memang tidak ada yang ringan ketika kita menuju kebaikan. Karena selalu ada nafsu yang nggandoli dan memberikan pilihan yang lebih asyik, Cak Edy Prianto. Tapi seperti kata anda, bahwa semua tergantung niat.
Walaupun dalam rumusan petuah itu tidak mencantumkan “noto niyat”, namun niat tetap merupakan hal yang terpenting. Syarat prakualifikasi. Sehingga tidak bahas lagi mengingat tataran masyarakat islam waktu itu sudah pada kelas berikutnya.
Maaf, sekedar pendapat... 
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -