Masjid Pesucinan Leran Gresik (dari Andy Buchory Gallery)

 Masjid Pesucinan


Masjid Pesucina Leran Gresik
  
Jarang masyarakat yang tahu keberadaan Masjid Pesucinan ini yang memang lokasinya agak masuk ke pelosok, menurut beberapa sumber yang saya dapatkan, Masjid ini merupakan Masjid yang pertama kali dibuat di daerah Gresik oleh Sunan Malik Ibrahim. Disitu juga ada makam makam santri Sunan Malik Ibrahim, juga masih ada tempat mandi dan wudlu juga sumur beliau yang terletak sebelah utara masjid.

Menurut warga sekitar beberapa tahun yang lalu pernah ada Arkeolog dari Jakarta yang datang, dan memperkirakan di bawah tanah ada perkampungan perkampungan jaman dulu yang terpendam, kemudian mereka menggali satu titik yang akhirnya diketemukan batu yang berbau sangat wangi pada saat pertama kali diangkat dari tanah. Disitu juga ada peninggalan Pelabuhan Sungai yang digunakan untuk bersandarnya kapal kapal di masa itu. Setelah beberapa saat menetap disini, Sunan Malik Ibrahim berpindah ke arah Gresik dan juga mendirikan Masjid Roomo, anggar Sawo dan kemudian menetap di selatan Aloon Aloon Gresik sampai wafat dan di makamkan.


 
Gapura Masjid
Tempat Wudhlu Dan Mandi
Sumur yang ruang di dalamnya makin membesar
Batu yang berhasil diangkat oleh Arkeolog

Disalin dari: http://andybuchorygallery.blogspot.com/2014/01/masjid-pesucinan.html
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -