NASI KRAWU -merasakan nikmatnya menu masakan khas Gresik

Bagus Cahyono
NASI KRAWU

Orang Gresik tentu pernah merasakan nikmatnya menu masakan khas Gresik ini.
Nasi putihnya begitu punel dan terasa lembut di lidah. Lauknya yang terbuat dari daging sapi yang terurai seratnya, ditemani parutan kelapa sangrai dan sambal terasi. Hmm.. sungguh menggoda selera untuk nambah porsi.

Sejak aku kecil "Sego Krawu" sudah ada dan digemari. Apalagi setelah media informasi berkembang pesat, nasi krawu semakin dikenal dan semakin dicari orang yang datang ke Gresik. Demikian pula pengusaha nasi krawu dengan depotnya semakin mudah dijumpai.

Namun UNIKnya, dari jaman ke jaman hingga sekarang pembuat dan penjual Nasi Krawu selalu orang Madura.
Maka tidak heran nama-nama depot yang muncul adalah : Buk (dari kata Embbuk = Ibu) Tiban, Buk Azzah, Buk Rika, Buk Timan dll.
Hingga pernah timbul pikiran bahwa Nasi Krawu adalah masakan Madura yang berkembang dan populer di Gresik. Oleh sebab itu aku pernah mencoba mencari tahu waktu berada di Madura, adakah makanan khas Madura yang mirip dengan Nasi Krawu ? Adakah hubungan Nasi Krawu dengan Budaya Madura ? Ternyata tidak ada satupun.
Lalu apa penyebab keunikan ini ??

Setelah lama berpikir, akhirnya aku simpulkan bahwa Nasi Krawu lebih enak dimakan tanpa sendok dari pada cuma dipikiri asal usulnya... hehehehehe
Monggo, Caak... Monggo, Yuuk...

Afandi Kusuma 
bikin lapar lagi Pak...
lihat yang gini-gini..

Naili Faizati 
mau donk di kirim ke rembang.da 3 th nie g plng kampung....jd ngiler nie

Afandi Kusuma 
Naili Faizati, krawu saja per kg 300rb, ongkos kirim ke Rembang utk 2 kg = 44ribu.

Afandi Kusuma 
aku pernah ngirim ke Batam,
ke Jakarta sering, 

(tanpa nasi)

Reyza Luph Faza 
emang sego krawu tiada duanya 
heemmm yummy...

Agung Waluyo 
q aja org pendatang suka bgt nsi krawu...

Naili Faizati 
Afandi Kusuma@ bnyk bngt to mas...ko ampe 300 rb.mending ke sana ja x...cari gratisan...hehe

Afandi Kusuma 
Naili Faizati, biasanya untuk bancaan, menjamu saudara di luar Gresik, sekaligus memperkenalkan khas Gresik.
yang rutin di Jakarta, untuk dijual lagi.

BungTomo Sutomo 
kalau setau saya nasi krawu itu kas madura yg populer di gresik,kalau khas gresik itu namanya Nasi KRETEK.

Naili Faizati 
Ooo..gt...1 kg tu isinya pa ja mas?

Afandi Kusuma 
Naili Faizati, ya isinya nasi krawu itu, (daging, serundeng, sambel, minyak) tentu saja tanpa nasi.

Muhammad Samsul 
seingat saya waktu kecil, yang jualan nasi krawu itu orang Gresik asly, seperti istri pak Rebo Karangpoh (bukan wak Rebo tukang sapu aloon aloon), mak Luk'ah, dll. tapi sekarang yang jual nasi krawu hampir semua orang Madura.

Afandi Kusuma 
orang Madura di Gresik (juga daerah lain) lebih pandai memanfaatkan peluang bisnis (termasuk bisnis nasi krawu)

Isa Ansori 
sak jane selain nasi krawu ada nasi kretek.... tampilannya mirip nasi krawu bedanya lauk daging sapi lbih manis n pedas... tpi dah gak ada yang jual

Ellys Wijayanti 
habis nasi krawu nanti bahas nasi pecel opo nasi jagung

Isa Ansori 
bubur rumo....

Afandi Kusuma
 Ellys Wijayanti membahas masalah makanan memang menyenangkan...
meski tidak mengenyangkan.
bahkan yang tadinya kenyang bisa hilang

hehehe

Dhewieta Sukandi 
kurang bali welut dan sego menir sambel pencit......

Yantie Amary 
nasi kretek dulu ada yg jual djl pangsud trus pindah d perum randu agung cz terakhir pindah d jl...lupa pokokx jl depanx masjid nusantara GKB yg klo mlm ad jual nasgor kediri pcc depotnya rmh plg ujung gang buntu belakang bukit orgx ma jualan menu mie jamur, hemmm yummy..

Ratna Dewi Murthasiah 
bubur masin, arang2 kambang, nasi kretek hmmm... makanan Gresik yg langka

NV Harjosuwitoe 
onok maneh sing langkah yuk karo cak . Sego bumbu rumo hem m m m m

Bagus Cahyono 
Lho, Nasi Krawuku laris.... hehehe

Cak Sutomo, Njenengan pernah menemukan Nasi Krawu di Madura mana ?
Setiap orang Madura di Madura yang saya tanya tentang Nasi Krawu atau yang seperti itu koq justru gak ada yang tahu.
Kalo Nasi Kretek malah baru beberapa tahun lalu mendengarnya dan sampai sekarang belum pernah lihat, padahal sejak lahir di Gresik. hehehe 
Masin ?? Nah itu kedoyananku, Yuk Ratna Dewi Murthasiah. Malah dulu aku sering berburu Masin. Kalo ada orang bilang ada Masin enak, selalu aku tanyakan tempatnya untuk kudatangi . 

Swett Memory 
krawu iku enax ,nex di krawu bedo maneh yo hehehehehe


Yani Sofi'i 
nasi krawu aq dah pernah mkn..kalo bubur masin,nasi kretek,arang2 itu apa ato yg gmn ya aq blm pernah nyoba..rmhku menganti kok ga pernah dengar mknan itu yo..

Yantie Amary 
martabak mihun, luwo gedondong, es blonceng, setop gedhang, masin krupuk mangot bandeng, koto'an santen bandeng makan khas Gresik yg ga prnah ktinggalan dijual di bln Ramadhan

Mu'amar Khoiron 
Sekarang ada Pak, Krawu Burger(burger isi nasi krawu) bentuk usahanya dengan sistem waralaba/ frenchise yang investasi awal kurang lebih 35jt.....ownernya kalau gak salah juga orang Gresik...

Mu'amar Khoiron 
Mangane sego krawu ngombene es legen panceng...cocok wess

Menjamurnya produk burger mendorong pengusaha harus pintar mendiversifikasi olah...Lihat Selengkapnya

Historiyono Kusdaryanto 
teman dari jakarta pernah penasaran dgn nasi krawu. Begitu tau langsung komentar, "Alamak........ nasi serundeng" Katanya. dan makyus

Historiyono Kusdaryanto 
aku mau buka susi krawu di jakarta. Perpaduan antara jepang-gresik

Tjatur Rosediany 
Sebenarx nasi krawu hampir mirip dgn nasi serpang ( khas Arosbaya, bangkalan utara), cuma ikanx dari berbagai ikan laut yg dikrawuk setitik + serundeng+ sambel petis .

Bagus Cahyono 
Hmm... Kalau hampir mirip brati belum mirip dong.. hehehe. Apa lagi lauknya bukan dari bahan daging, sambalnya petis.. Jadi beda jauh... hehehe. Tapi kapan2 aku ingin mencoba 

Historiyono Kusdaryanto 
yg bener itu memang nasi krawuk, kalau melayani dikrawuk, tp sayangnya srundengnya cuma dijumput oleh yuk susi

Moel Phoiz 
Krawu gandengane semur daging..... MAKNYUSSS

NV Harjosuwitoe 
aku pernah hidup di pedalaman hutan sorong papua barat dan aku sering di ajak pesta batu adat papua * disini aku temukan masakan paling enak persembahan untuk bapak raja ( kepala desa / lurah ) masakanya srundeng macam 2 kuning dan merah kedua pedas lefel 10 . Masakan daging bakar dari babi hutan dan rusa rasa seperti semur babi dan krengsengan rusa sayangnya enggak pakai nasi pakai ubi jalar bentol tales singkongdan sayuran masakanya seperti rawon cuma agak manis * disini aku sempat meneteskan air mata ingat daerah asal gresik dengan masakan kas krawu . Aku langsung mita cuti pulang kejawa. Gara gara nasi krawu kutempuh perjalanan 6 jam sorong _ surabaya ( sebuah kenangan manis yang tak akan terlupakan )

Muhammad Samsul 
Nek ngomong badhokan khas Gresik, koyok'e nang Kroman ambek Lumpur dak repot. Opo sing diomong yuk @Dewi kabeh onok. Sing arane masin kropuk, arang arang kambang, sego menir, karak kapal, sego Rumo, gado gado, kabeh sik onoksing dodol saben dino. Onok masakan khas sing gak onok daerah liyo sing dodol, nang Kroman ambek Lumpur yoiku keloh mbok Siyah. Nek dolen nang sang omah pasti tak sugihi badhokan sing khas Kroman Lumpur. Ayo sopo sing pesen badhokan2 sing tak sebot mau, iso inbox utowo smspasti onok.

Afandi Kusuma 
makanan.... hampir semua jenis makanan sudah dimakan...
ya... jadi apa saja makanan yang ada, dinikmati saja...

Tjatur Rosediany 
Nek krawune wong suroboyo, yo urap iku. Ono maneh panganan khas sidayu gresik, rujak blonyo lan jajanan kemplang karo lupa-lupa, nggoleki panganan koyo ngono gak ono nang daerah liyo. Manisan blonceng (luwo) metune cuma riyoyo 

Naili Faizati 
Tjatur@ iya rujak blonyo pancen mak nyuss...super puedesss...blonyone mentah menggoyang lidah.kemplang kr lupa2nya jg enak.n mnisan bloncenge bnr adanya cmn hari ry aja.ada lg bonggolan ama lentho n lontong mie....hemmmm sueger tenan.1 lg ada nasi merah lauknya sambel ma peyek ikan asin...apa ya namanya?q lupa e...koyo sego gogo...

Tjatur Rosediany 
Yuk@Naili : iyo sego gogo, tp keluargaku biasa nyebut sego karak, nang suroboyo iwak e sate usus, hmm...enak poll. Onok maneh jajanan Bruder, metune pas kawinan, pesene kiloan, rasane mewah lan mantep


Wong Wilaheng 
kartini pak ndan.....

Onok ndok bader sing murah, Cak Isa Ansori. Tapi campuran kanji... hehehehe

Lha iku... Yuk Naili Faizati. Luwo utowo manisan blonceng sang senengan biyen. Tapi saiki angel soale singn nandur blonceng mulai jarang.

Ooh nang Jln. Kartini kono bae tah. Nggone paling onok tengerane “Nasi Krawu Cak Wong Wilaheng”, ngono bek’e... 

Naili Faizati dulu nenek q di sidayu sering buat luwo itu mas...enak bngt

Tjatur Rosediany Yuk@Yanti : nang sedayu jek ono masin

Cak@Bagus : blonyo iku sejenis tripang

Bagus Cahyono 
Kapan2 foto buah n luwonya di aplud ya, Yuk Naili Faizati.. tombo kangen... (iso2 malah tambah ngeces..) hehehe

Bagus Cahyono 
Hmm... sejenis tripang, dirujak mentah2. lak kluget-kluget ngono ? Gimana rasanya ya ? Jadi kayak orang Jepang/Korea. Aplud dong fotonya... hehehe


Bagus Cahyono 
sama gak dengan krupuk terung yang penjualnya banyak yang banci itu ?? 

Naili Faizati beda mas...kl terung coklat agak lebar.kl blonyo hitam ky ulat.

Muhammad Samsul Pak @Bagus Cahyono, kata "Badhokan" memang terkesan kasar. Tp kata itu dulu yg sering saya dengar dari dari para nelayan ketika dilaut. Sekarang kata "badhokan" jarang dipakai dalam komunikasi sehari hari, krn sekarang penggunaan kata "badhokan" kesannya sebagai pelampiasan kekesalan ketika orang marah. Tp di komenku, saya tdk marah, hanya sekedar menunjukan kata Nggresikan yg jarang digunakan dlm bahasa sehari hari. Mohon maaf jika terlalu kasar,

Bagus Cahyono
 hahaha... Ya endak, Cak Samsul... Lapo se. Aku faham betul maksud Njenengan. Justru aku yang minta maaf, lupa memberikan alternatif yang artinya sama dan juga dipakai untuk kata makanan. Panganan.. 

Edy Prianto 
Gresik ini bila "DIKELOLA SECARA BAIK" tentu sangat luar biasa.

Disini makam2 sepuh bertebaran. Berdasarkan napak tilas hampir disetiap pedukuhan/ desa/ kelurahan terdapat makam sepuh.

Belum lagi kuliner yang berbagai macam dan barangkali juga tidak terdapat di kota lain.

Kondisi alam yang masih perawan di Bawean.

Serta masih eksisnya penenun sarung sutra ATBM di daerah Cerme.

Potensi wisata yang luar biasa ada Wisata Alam, Wisata Ruhani, Wisata Kuliner dan Wisata Kewirausahaan.

Ocha Susanti 
Tpi sayang biar kata orang nasi krawu enak..ak gk suka..hehehe

Bunda Masuda 
Dulu sering makan urap blonyo dari Bungah atau Sedayu. Sek ono ta Mas saiki?
Manisan luwo? Sueegeer. Atos2 krenyes.
Yg di upload itu sego krawu mana? Kebetulab mau ke Gresik ini, beli otak2 buat balik Jkt bsk pagi

NV Harjosuwitoe 
sopo ra gelem sego krawu iku wah blaitemen sholawat karo dzikir wae sing oke gawe sangu . . . .wkkkkk

Bunda Masuda 
Kl di Jkt nasi krawu hampir sama dg nasi bogana dr Madura. Cm bedanya di nasi bogana ada sedikit ayam & telor yg dimasak spt opor.

Blonyo dimakan mentah diiris2 melingkar sesuai kerat dibadannya. Betul?

Tjatur Rosediany 
Bener @Bunda, rujak blonyo di sedayu masih ada, di kauman dan golokan

Tjatur Rosediany 
@Bunda : ayam dan telor di nasi bogana, bukan bumbu opor, tp bumbu osik (klo di sby) sejenis opor yg diberi petis ikan, namanya di sana telor petis

Muhammad Samsul 
Blonyo untuk urap urap dan rujak biasanya dipotong kecil kecil antara 0,5-1 CM sesuai ruas badan belonyo. Dan itu disajikan setengah matang. Prosesnya setelah potongan belonyo dicuci dan dibilas hingga kesan licin pada potongan belonyo tsb berkurang. Jika perlu untuk menghilangkan licin bisa dicuci dg air kapur. untuk sambal rujak belonyo ini tidak perlu kacang. Nah setelah bumbu dirasa siap potongan belonyo ditaburkan dalam cobek, dan siap disantap.Silahkan mencoba.


Edy Prianto 
Bunda Masuda
 lagi mborong untuk bancak'an Happy New Year eee salah Happy Bhirtday. HBD Salam S-3 Semoga Sukses Selalu

Bunda Masuda 
Aamiin...maturnuwun Mas Muhammad Samsul. 

Pak Edy Prianto, hehehe... Maturnuwun do'a & ucapannya. Ini skrg lg di tempat bikin otak2 Gresik Mak Cah di Sindujoyo. Lha kok yg punya temen sendiri. Jd bisa liat langsung pembuatannya

Muhammad Samsul 
loh kalo Mak Cah itu nggak di Jl. Fakih Usman 17 no. 24 tah jeng Bunda Masuda ?

Bagus Cahyono 
Benar, Cak NV Harjosuwitoe. Bila diartikan sama hanya beda tempatnya. Cuma saja yang dimaksud tempat dalam kontek ini adalah tingkatan sesuai Subyeknya. Misalnya, ditingkatan Jawa ngoko : lambene menungso. Cangkeme macan. Dipangan wong akeh, dibadhog macan sak kandang. Mekaten, menawi mboten sarujuk sampun ngantos megat sederekan... hehehe

Bagus Cahyono 
Sangat sependapat, Cak Edy Prianto . Mari kita dukung pelestarian dan pengembangannya

Naah... yang itu, Cak Moel Phoiz. Kasih tahu alamatnya dong.. Kalo ada rejeki biar bisa menjemput Nasi Goreng Lele... hehehe

Bagus Cahyono 
Enak tetep enak, Yuk Ocha Susanti. Tapi selera siapa yang bisa maksa ?

Wah Sayang aku terlambat buka FB, Yuk Bunda Masuda Jadi terlambat njawabnya juga. Itu Nasi Krawu Buk Azzah, cukup terkenal di Gresik, Dekat rumahku.

Yuk Tjatur Rosediany n Cak Muhammad Samsul, Kapan2 di pertemuan harus ada menu rujak blonyo. Mboh yak opo carane... whahahaha

Bunda Masuda 
Berarti rumah panjenengan Bagus Cahyono di sekitaran Pangsud?

Nggak Mas Muhammad Samsul. Mak Cah rumahnya di Sindujoyo XI, depan2an sama rmh Bu Muzanah , di gangnya toko unyil itu.

Bagus Cahyono 
hahahaha.... Yuk Bunda Masuda benar2 paham tempat2 penjual Nasii Krawu rupanya.. 

Afandi Kusuma 
iya nih.. Bagus Cahyono kita perlu sama-sama silaturahim ke tempatnya Bunda Masuda mencicipi nasi krawu... 

karena menambah wawasan tentang nasi krawu akan lebih afdol jika sambil merasakan... 
hehehe

Bunda Masuda 
Yo Pak Bagus Cahyono.. kl Bu Rika dpn makam pahlawan/malik ibrahim, rmh di BP kulon, kl Buk Tiban di jl Veteran, Buk Timan di Bunder, Buk Sufa di Pangsud jg dekat butik Syafa...hahaha.. Benarkah?

Bunda Masuda Ada lagi Bu Ria di Jaksa Agung Suprapto dpn telogodendo

Bagus Cahyono 
hehehehe... bener2 maniak Sego Krawu Tapi yang di Jaksa Agung Suprapto dpn telogodendo kayaknya sudah pindah... eh embuh sih, soalnya aku lihat tutup terus. Maklum kalo lewat situ cuma malem... hehehehehe

Tjatur Rosediany 
Rujak blonyo dalem pasrahaken kaliyan cak@Samsul , hehehe

Muhammad Samsul 
kalau saya perhatikan pengusaha nasi Krawu di Gresik, iki sek onok hubungane kabeh alias bolo krowo dwe.
Buk Tiban masih sepupuh sama Buk Hj. Su (Bedilan timur kali Basyiran). Mbak Azzah (istri mas Sony) & Mbak Rika (Ny. Agus Juanda) masih sepupuh juga. keduanya keponakan Buk Hj. Su. Semua ini warga asli Bedilan. nek gak percoyo takonono, nek mbojok ketaken sirahe pak Bagus Cahyono, he he he

Mohammad Fathoni 
Buk TIBAn tok pilihanq......TRATEE

Muhammad Samsul 
Mas Mohammad Fathoni sampeyan takoni Buk Tiban, hubungane karo Buk Hj. Su Bedilan.

Mohammad Fathoni
 Kyok ane gk onok hbngane pak..atek bu timan bunder anaknya bu tiban

Yantie Amary 
Buk Sufaya veteran jg menantu H. Su trus Buk Habba Sufa jga ankx Buk Su

Bagus Cahyono 
Cak Fathoni n Cak Samsul, berarti terkuat sudah latar belakang keunikan di balik Nasi Krawu. Terima Kasih

Muhammad Samsul 
Wah sepurane mbak @Yanti,Nek buk Sufaya karo buk Habba ison kurang wero. Sing tak werohi mantune Hj. Su (bojone H. Afin iku arane Mbak Nanik disik score girl bilyard Letty) tp wis buyar.

Muhammad Samsul 
Jare wong jowo, "ngerokok cendhek"Pak @Bagus Cahyono. Kebeneran wae ison koncoan karo anak'e ambek ponak'ane buk Hj. Su iki mulai joko, dadine akeh sing tak werohi. Luwih2 keluargane buk Azzah kabeh weroh. Jaman kampung Bedilan kobong thn 84 iku sing bersih iku omahe bapakne buk Azzah.

Åßdùl Ązìz Fätöñi 
asal usule sego krawu iku podo karo sego mener. ga ngono ta cak...hehehe... soale dodol sego mener karo krawu...

Yantie Amary 
sego menerr iwak peyekk suegerr Rekk

Åßdùl Ązìz Fätöñi 
sego mener iwak utek otowo sumsum..bu.. hehehe lue wenak

Tjatur Rosediany 
Ancene wong gresik iki hebat, teko sego krawu isok sampe silsilah 

Arjuna Wiwaha 
senengane eson iki

Yantie Amary Yuk Tjatur @ bknx otak sapi ttpi otak manusia yukkk hihihihiii

Cak Doel 
ASLI bikin lapar. P. Bagus Cahyono harus tanggung jawab 

Andi Iswoyo 
postingan kyk gini yg aku suka ... males melu mikir2 politik

Afandi Kusuma 
iya.. udah lama ya ga makan nasi krawu...

Bagus Cahyono 
Nek iso pancen kudu ngono, Cak Wong Wilaheng. Weteng wareg, awak lemu, turu angler... bareng tangi, kepikiran biaya sekolah, kuruuuu maneeeh... hehehe

Tunggu apa lagi, Cak Afandi Kusuma ? 24 jam kan selalu ada saja orang jualan nasi krawu... Meluncur aja

Yantie Amary 
Cak Bagus Cahyono "otak2 bumbu rawon sirah butak bar di entup tawon" hick..hick..

Bagus Cahyono 
Alhamdulillah.. Cak NV Harjosuwitoe. Mungkin mergo meh kabeh uwong seneng Sego Krawu iku be'e. Atek sego krawune enak, murah pisan. Bati gak akeh2 sing penting lumintu.. 

Yantie Amary 
"Tuku rawon iwakx gereh tiwas drempon ono seng duwe" hehehe

Åßdùl Ązìz Fätöñi 
sego pecel iwak ayam.. tuas pegel ga bayaran.. semanggi suroboyo.kerja bakti ae ole semongko

Bunda Masuda 
Nyesel, kmrn balik Jkt gak bawa daging krawu. Sekarang pingin...
#gara2 melototin gambar ini terus tiap hari

Bagus Cahyono 
Hahahahaha.... Tapi Gak usah sedih, Yuk Bunda Masuda... Silahkan hubungi Cak Afandi. barangkali bisa bantu. Dari ada ngeces terus... v

Bunda Masuda 
IyaPak Bagus Cahyono. Kmrn gak bawa krn kpn itu dpt kiriman paketan dr temen Gresik daging krawunya Buk Tiban 1kg, gak lama kemudian dpt kiriman dr Arina Toyota juga daging krawunya Bu Rika hampir 1 kg. Makanya saya pikir wes gak usah bawa lagi pas pulang kmrn. Eehh...lihat nasi krawunya Bu Azzah jd kepingin lagi. Kebayang sum2nya sama limpanya

Bagus Cahyono 
Hmm... luar biasa. Lebih dari sekedar penikmat seperti yang Njenengan akui. Makanya aku nyebut Maniak Krawu. Jangan kuatir, ada Maniak Duren dll. Kalo perlu di Gresik ini ada Grup Maniak Sego Krawu.

0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -