Napak Tilas Makam Mbah Krampung dan Pangeran Talang Pati


Mungkin sebagian besar diantara kita masih asing nama itu ... namun bagi Warga Sekarkurung, Kebomas, Gresik dan sekitarnya termasuk wilayah Pegiren nama itu adalah nama salahsatu Tokoh yang sangat disegani di zamannya.

Makamnya terletak ± 100 meter sebelah utara Parkiran Bus Wisata Sunan Giri dan ke arah selatan dari pertigaan Sekarkurung ± 50 meter.

Konon menurut kepercayaan masyarakat sekitar Mbah Krampung dipercaya sebagai salahsatu Penasehat Sunan Giri. Nama Mbah Krampung dimaknai "rampung", selesai Bahasa Jawa. Jadi apabila Sunan Giri mengalami kesulitan maka Mbah Krampung siap membantu menyelesaikan.

Di lokasi tersebut selain makam Mbah Krampung ada juga makam Pangeran Talang Pati. Letaknya ± 20 meter ke arah barat namun masih dalam satu kompleks makam. Beliau dipercaya sebagai Salahsatu Utusan Majapahit yang membelot. Sebenarnya keberadaan Pangeran Talang Pati adalah untuk membunuh Sunan Giri namun pada akhirnya beliau malah menjadi muridnya.

Bila ada yang memiliki referensi cerita versi lain monggo di share ... !

Edy Prianto
Napak Tilas Makam Mbah Krampung & Pangeran Talang Pati

.. 
Arman Kelanakota
kalau dari jln raya kok gak klihatan ... apa ada petunjuk arahnya yaa? ...

Edy Prianto
BKM Sekardaya melalui Program PNPM Pariwisata sudah berupaya membantu perbaikan lokasi dengan pemavingan dan perbaikan beberapa sarana termasuk pagar di kiri kanan tangga sebelum masuk ke TKP.

Edy Prianto
Mas Arman Kelanakota sekarang disisi selatannya ada tempat pengelasan sehingga yang tampak adalah pintu gerbangnya saja ...

NV Harjosuwitoe
membengi eso jam 24oo munggah makam gak onok bolo sg blas onok 1 singgawe jaked marinir

Edy Prianto
Mas Arman Kelanakota bila siang seperti ini (pas cuaca panas) banyak orang bersitirahat di situ ... suasana cukup asri dan sangat nyaman ...

Gufron Dhani
Berarti beliau mbah krampung dan mbah talang pati adalah pejuang Islam yg berjuang demi tegaknya akidah Islam.
Perlu ditiru akhlak beliau.

Arman Kelanakota
walah ... asyiiik suasananya yaa pak Edy Prianto ... hehe

Gufron Dhani

dan salah satu pejuang Islam ada di desa Tenggulunan yaitu Mbah Singo Regongso (mbah Gongso)
konon beliau adalah rampok yang ditaklukkan Raden Syarif Hidayatulloh lalu masuk Islam dan berjuang bersama sunan Giri.

Harjo
Mbah Krampung,mbah talang Pati,mbah Tanggung Boyo,dan msih bnyak lg yg tdk bisa saya sbutkan,adlh tokoh2 yg sngat andil trhadap prjuangan dlm pnyebaran Islam brsama mbah Ainul Yaqin(Sunan Giri) dgn latar belakang yg berbeda beda,ada yg semula musuh yg berubah jadi murid, yg aqirnya brsma sama saling melengkapi dlm perjuangan mmbantu mbah Sunan Giri.



Peta Lokasi Makam Mbah Karampung

0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -