Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menerapkan nilai-nilai cinta dan peduli lingkungan pada sekolahnya

C. PENUTUP
1. KESIMPULAN

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang menerapkan nilai-nilai cinta dan peduli lingkungan pada sekolahnya. Pengajaran yang berbasis lingkungan dan kesadaran warga sekolah akan pentingnya lingkungan merupakan bagian terpenting dari sekolah berwawasan lingkungan hidup.


Sekolah berwawasan lingkungan juga merupakan salah satu bentuk penghargaan yang di berikan pemerintah kepada sekolah tersebut. Penghargaan tersebut dinamakan penghargaan adiwiyata.
Ada beberapa komponen yang menjadi penilain sekolah berwawan lingkungan antara lain :
1) Pengembangan Kebijakan Sekolah peduli dan Berbudaya Lingkungan
2) Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan
3) Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif
4) Pengelolaan dan Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah
5) Pengembangan budaya peduli lingkungan.

         Keuntungan mengikuti program Adiwiyata adalah tempat pembelajaran bagi siswa dan generasi muda tentang niai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar, sebagai upaya menghindari berbagai resiko dampak ingkungan negatif di masa datang.

2. SARAN
          Sekolah-sekolah Negeri maupun Swasta  yang ada harus secara bertahap  dibina dan diberikan kesempatan menuju  sekolah  adiwiyata, karena dengan begitu akan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan sehingga generasi muda mampu dan bisa ikut menjaga lingkungan yang ada disekitarnya.

         PLH wajib diajarkan tidak hanya sekedar teori semata,tetapi lebih ditekankan pada action/praktek di sekitar lingkungan sekolah dan menjadi mata pelajaran mulok wajib diseluruh daerah di Negara Indonesia.
    Terakhir, ucapan selamat dan sukses kepada seluruh civitas akademika SMP 1 Manyar atas diraihnya piala dan piagam penghargaan adiwiyata nasional dari Presiden RI melalui menteri Negara lingkungan hidup, semoga menjadi pemicu untuk berprestasi lagi dan pendorong semangat bagi sekolah lain diwilayah Gresik dan sekitarnya dalam mendedikasikan diri dibidang pelestarian dan pemeliharaan lingkungan hidup.

0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -