Contoh Manual Mutu ISO 9001 : 2008 (Manual sistem manajemen mutu)

RINGKASAN

Manual sistem manajemen mutu (kemudian disebut Manual Mutu) ini merupakan kerangka dari sistem manajemen mutu yang diterapkan di SG.
  
    Sistem manajemen mutu yang digambarkan dalam Manual Mutu (MM) ini kemudian dijabarkan dalam Prosedur Mutu (QP) dan Instuksi Kerja (WI) serta dokumen penunjang lainnya yang mencakup kegiatan operasional di SG, dalam hal pemenuhan dan kesesuaian dengan persyaratan Standar Internasional  ISO 9001 : 2008.
  
    Manual Mutu ini menjelaskan lingkup dari Sistem Manajemen Mutu, kebijakan dan sasaran mutu, struktur organisasi – uraian dan interaksi proses sistem manajemen mutu, tanggung jawab dan wewenang serta kerangka sistem manajemen mutu yang diterapkan didalam lingkungan kerja SG.

Manual Mutu ini pun merupakan informasi yang memadai kepada para pelanggan dan pemasok dari organisasi kami dalam hal kebijakan dan sasaran mutu dan metoda dalam menerapkan sistem manajemen mutu. Untuk maksud lainnya, manual mutu ini merupakan sarana pelatihan bagi karyawan / personal  perusahaan kami, untuk mengetahui komitmen perusahaan terhadap mutu dan berbagai aturannya.Manual Mutu ini diterbitkan secara terkendali dan untuk saran dan komentar terhadap isi Manual ini harus disampaikan kepada Wakil Manajemen.





RUANG LINGKUP PENERAPAN SMM

SG  menerapkan semua klausal persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008,  Ruang lingkup penerapan  beralamat di :
Office         :
Factory     :
Telp.        :
Fax        :
E-Mail        :

adalah meliputi proses bagi :

I.    Proses proses Managemen dan Pengendalian system
II.    Proses proses Realisasi Produk
III.    Proses proses Pendukungnya

Ruang lingkup tersebut telah dipetakan kedalam PROSES USAHA SG, sebagai berikut  :

PEMETAAN PROSES USAHA  SG.
....


PENJELASAN PROSES USAHA  :     

SG sebagai perusahaan manufaktur di bidang KOMPOR GAS dan TABUNG LPG dapat dijelaskan proses Usaha yang ada di internal organsisasi sebagai berikut :

Peraturan dan perundang-undangan dan persyaratan lain yang dikeluarkan oleh lembaga international maupun nasional  yang menjadi acuan oleh SG dalam menghasilkan dan memberikan produk kepada pelanggannya antara lain adalah : UU Ketenagakerjaan  dan UU Pajak .   


PROFIL PERUSAHAAN

SG adalah salah satu perusahaan Nasional yang berdiri pada tanggal : 11 Maret .. berdasarkan akta No: ... dari Notaris ..., dan memperoleh pengesahan dari menteri kehakiman Republik Indonesia melalui Surat Keputusan No... Memiliki dua pabrik dengan kapasitas produksi Kompor Gas sebanyak ... unit per Tahun dan Tabung LPG sebanyak ... unit per  Tahun.

LOKASI SUMBER DAYA MANUSIA DAN AKTIVITAS

Kantor yang beralamat di ... didirikan diatas tanah seluas .. dengan luas bangunan ... mempekerjakan ...  karyawan dengan aktivitas Top managemen, .. orang.

Pabrik I. yang beralamat di ... didirikan diatas tanah seluas ... dengan luas bangunan ...  dan mempekerjakan ..  karyawan dengan kapasitas produksi terpasang ...  per tahun dan Kapasitas terpakai  ...  per tahun. Aktivitas produksi  panci stainless Stell  dan Pipa Stainless Steel kapasitas terpasang ... per tahun dan kapasitas terpakai ... per tahun. Dengan jumlah karyawan ... karyawan

Pabrik II. yang beralamat di ...

SG mulai melakukan aktifitas Produksi tahun ... dan Produksi yang dihasilkan adalah Kompor gas dan Tabung gas LPG untuk digunakan masyarakat luas.


PELANGGAN

SG, Mempunyai Pelanggan Perusahaan nasional BUMN yang bergerak dibidang  Minyak dan Gas dan perusahaan perusahaan swasta nasional.


FASILITAS PROSES PRODUKSI

SG mempunyai fasilitas 3 line Proses produksi, 3 unit mesin fasilitas inspeksi dan evaluasi, 1 gudang fasilitas Gudang, 2 unit fasilitas transportasi delivery, 1 unit Fasilitas transportasi antar bagian 3 unit  serta mempunyai beberapa fasilitas pendukung lainnya, yaitu Fasilitas Pengolahan limbah 1  unit dan Fasilitas limbah proses/scrap 1 unit.



STRUKTUR ORGANISASI SG.
....

TANGGUNG JAWAB, WEWENANG DAN KOMPENTENSI

Uraian tanggung jawab, wewenang dan kompentensi dari masing-masing jabatan/fungsi struktural dibuat dalam suatu catatan Mutu Uraian Jabatan dan kompentesi (Job Description) yang dipelihara oleh Departemen HRD.
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -