Menikmati Buah Durian

DURIAN
Buah Dengan Cita Rasa Berkelas

Mungkin panen durian kali ini jauh lebih berhasil daripada musim tahun lalu. Seperti kita lihat, saat ini penjual durian ada di mana-mana. Berbeda sekali dengan tahun lalu yang tidak seberapa meluber dan cepat hilang dari pasaran. Dan rasanyapun sering mengecewakan pembelinya.

Konon asal daerah penghasilnya durian kali ini juga dari banyak kota, sehingga kualitasnya juga sangat bervariasi. Dari bentuk, ukuran, warna kulit, hingga bentuk durinya. Tapi dari semua itu yang terpenting untuk menentukan pilihan adalah ketebalan daging buahnya sebelum cita rasanya. Inilah yang membuat harga durian sangat beragam. Kendati begitu, dari jenis yang termurah sekalipun ternyata durian masih tergolong buah yang mahal dibanding buah umumnya.


Para pembeli ternyata dalam memilih durian umumnya tidak semata-mata mencari yang berasa manis. Mereka justru mencari durian yang memiliki rasa manis dan kepahit-pahitan. Rasa khas ini yang disebut “ngeBir”. Dan memang selain manis kepahit-pahitan juga ada sensasi khas dan nikmat yang merambah ketika lidah menyentuh daging buah yang bertekstur lembut itu. Tentu saja tidak semua durian yang bercita rasa seperti itu.

Kendati begitu pada umumnya ukuran dan bobot durian masih menjadi patokan harga. Lebih besar tentu lebih mahal.

Buah durian masih merupakan buah berkelas yang hanya dibeli oleh mereka yang punya uang lebih. Namun bagi yang berkantong tipis jangan berkecil hati, karena masih bisa membeli durian yang sudah dikemas dalam styrofoam dengan harga sekitar Rp 10.000.

Atau bisa pula mengajak teman-teman untuk beli secara patungan dan menikmatinya bersama-sama. Lebih seru makan di tempat sambil berlomba menghabiskan… hehehehe

Bagus Cahyono
2 komentar


  1. http://dahlanforum.files.wordpress.com/2009/11/lol.gif

    BalasHapus

YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -