UMK Gresik 2015 = 2.707.500 naik 23,5 % ?

Langit Biruawanpitih

Selamat kepada para buruh di gresik UMK anda naik 23,5 % menjadi 2.707.500.00

Fisher Adam Nainunis T
Alhamdulillah,bersyukurlah saudaraku semua...

Meris Lestari
umk naik.. barang2 jg naik..
imbang

Ylur Idw Novi
Tapi kemana ya mengadunya kalau perusahan tempat kita bekerja tidak pernah menyesuaikan dengan aturan UMK ya??? #sedihddnganketidakadila

Syafik Udin Kc

kedisnaker tapi kalau bisa anda berserikat dulu biar melawan ketidak adilan bisa lebih greget

Fayz Jiwa Revolt

miris d tengah harga mlambung tinggi bahkan ad yg 50 % kita cuma 23 % Pak pok ae malah kurang.

Fayz Jiwa Revolt
miris d tengah harga mlambung tinggi bahkan ad yg 50 % kita cuma 23 % Pak pok ae malah kurang.

Langit Biruawanpitih

Ikut serikat dulu lalu mengadu ke disnaker...

Ylur Idw Novi
Kita cm BPR mas

Siswanto Siswan Wanto

yg bener itu2.707.500 mas untk umk gresik 2015

Langit Biruawanpitih
Siswanto siswan wanto .saya klarifikasi 2.707.500

Ali Mahfud
UMK naik 23,5% tp biaya hidup naik rata-rata 30%...

Maarif Rifai

Idem #ylur idw novi

Izal Rafif Myson
tp kenyataane nek pabrik nakal iso ngisore iku.

Langit Biruawanpitih

Fayz Jiwa Revolt umk jakarta 2.7 pak...di syukuri saja

Ruston Efendi
Ali Mahfud... Pilih mana umk tetep, biaya hidup naik???..

Suzan Djatin
mb/mas tanya yaa... klo di gresik ato surabaya susah gag cari kerja?.. 2,7jt sudah include meal, transport dan home pay kah atao belum? atau tergantung perusahaanny? thanks sbelumny...

Den Jarwo

Sby berap broo

Ruston Efendi

Izal Rafif Myson... Pelanggaran pasti ada selama tidak ada pengawasan dan yg dilanggar diem

Fariid Juventini SejaAtie

Ga ngurus umk blass..yg penting krja...ga keb.sehari-hari

Shobir Moehammad
terimakasih pada pak KC FSPMI Gresik bung rustonefendiyg telah memimpin kami bersama sama dgkahutindo,maspion 4, BDG, kasbi dll dlm pengawalanUMK kemarindan memberikan pelajaran yg sangatberharga bagi kamibetapa indahnya buruh bersatu

Mohammad Nadhif
Semoga gresik makmur,

Fitryudhatit
prshn bsr gji ny umk . tp klu prshnny kcil gji tetep cilik g bkln naik" mskpn bhn bkr minyak

Fitryudhatit

prshn bsr gji ny umk . tp klu prshnny kcil gji tetep cilik g bkln naik" mskpn hrg bhn bkr minyak naik tetep az gjian cilik bangen ...

Ruston Efendi

Saya terima kasih buat bang Syafik Udin Kc dan kasbi gresik.... Ruarrr biasa

Fariez Ahmad

kmrn q sempat mndgrkan radio suara surabaya. dr pihak apindo keberatan dg penghitungan tsb tp misalkn angka tsb sdh di ketok "deal" maka mau tidak mau perusahaan akan melakukan efisiensi demi kelanjutan sbuah perusahaan yakni dg meminimalisir/merampingkan pegawainya/akan menaikkan harga produksi krn beban perusahaan psti akn keberatan dg kenaikan upah yg cukup signifikan tsb. ngene iki iyo seneng, iyo susah. senenge soale q yo pegawai biasa jd psti berharap gaji naik tp susahe be'e ono pengurangan besar2an trs q yo kenek lak yo tambah bingung iki....

Jenar Sinaga
asyik UMK buruh naik
meski dgn perjuangan berdemo

dan kami nelayan
cukup berdo`a kepada yg maha kuasa,,,

#kloMasihAdaYangBilangTidakCukup

pindah profesi jadi nelayan/buruh tani ja


Disalin dari Grup Suara Gresik di Facebook


Yusni Amalia 
D syukuri dinikmati....

Tontoni Belut Dsyukuri ae,esek ake gji dbw UMK ning gresik trmasuk q iki jau bgt boss.

Fitryudhatit 
lh klu gjian 600rb d syukurin gt az

Maridjan Rahardjo 
semoga SEHAT & banyak riskinya. jauh dari Blai... seger kuwarasan kabeh.

Fe Stealth 
tetep di syukuri .. semoga barokah gajiany.

Fitryudhatit 
y nm perusahaany barokah..tp klu ud brklrg mn cukup mas bro..

Bagus Cahyono 
Cak Jenar Sinaga, Semoga harga jual ikan juga ikut naik.
Harga sembako sudah naik. Saya kira harga ikan juga sudah naik

Syafik Udin Kc 
justru saya salut buat bung ruston dan seluruh kawan fspmi yang tidak memperdulikan warna bendera semoga ini menjadi awal yang baik buat kawan buruh gresik agar lebih merapatkan barisan memperjuangkan hak hak normatif yang sering diabaikan dan memperjuangkan nasib buruh outsorsing karena pada dasarnya hanya kekuatan buruh yang mampu merubah nasib kaum buruh ...hidup buruh yang bersatu

Sudarto Wijaya 
Fariid Juventini SejaAtie...pean koq koment g ngurus umk iku mksde opo cak.????
Pean duduk karywm / buruh pabrik t cak....

Langit Biruawanpitih 
BURUH BERSATU TAK BISA DI KALAHKAN .TETEP SEMANGAT MELAWAN PERBUDAKAN melawan Kapitalis

Mas Bagus Sutrisno 
SB/SP Gresik bersatu tuntuttan terealisasi ,,, Lanjutkan dlm Aliansi kawan ,,, ABK Gresik ,,, ALIANSI BURUH KAWASAN GRESIK ,,,,

Sudarto Wijaya 
Yg koment negativ dan mengolok2 masalh umk....ato yg g mau tau ueusan umk...ato yg apriory thdp umk...
Saya mau tanya ...apakh anak anda nanti tdk akan jd kryawn ato buruh.???? 
Apakh anak anda nanti ada jaminan ,,, tdk bkrj di pabrik.????

Candra Tetap Kurniawan 
Yg jd pertnyaan apakah perusahan kuat dngan umk segitu,apakah ad pengurangan karyawan atau pabrik nya tutup,

Junaidi Abdillah 
jk ada tmn kita di pabrik yg tuntutannya tdk di kabulkan segera oleh pabrik, klu bisa konfirmasi ke siapa dan ada nomer tlpnnya gk..???

Sudarto Wijaya 
Lha nek sampaean duduk kryawan pabrik g pantes nek pean ck koment ngono...yo mugo2 anak cucu sampean dadiburuh e pabrik....

Syafik Udin Kc 
kawan candra ada aturanya kalau perusahaan tidak mampu perusahaan bisa melakukan penangguhan dengan memberikan laporan keuangan selama dua tahun kebelakang tapi pada dasarnya terkadang perusahaan yang omsetnya besar juga melakukan penangguhan dengan memalsukan data yang ada disinilah tugas buruh untuk mengawal apa benar perusahaan sakit atau sehat

Junaidi Abdillah 
mas farid,, meski tdk kerja di pabrik toh km bs jd pengawasnya pabrik di gresik ato nyimak saja gk perlu komen, itu masalah haknya para pekerja dan bkn pilkada... heee

Sudarto Wijaya 
Ya bueuh menhajukan ausit Pada pihak pengaqasan

Sudarto Wijaya 
Pihak buruh mengajukn audit pd pihak pengawasan yg terkait...apkh benar prshaan iru g mampu? ??

Mas Bagus Sutrisno 
UMK Ini apa juga berlaku untuk Home Industri Bang Syafik Ud Kc ? ,,, karna biasanya Home Industri gk mampu bayar buruhnya sesuai UMK ? ,,, sik Jum'atan sik Luuur ,,,,

Junaidi Abdillah 
smua tmn2, kompakkan barisan. bkn hal kecil melawan pengusaha nakal dan kita arek gresik jgn gmpng cuman di beri uang sedikit tp berdampak ya, gitu deh... data pabrik di gresik perlu dan penting,.. jk tak mau memberikn data semestinya dan pelanggaran lainnya yg tertutupi, ayo rapatkan barisan dan ditutup saja pabrik itu,. kita arek gresik memberokn yg terbaik pd anak cucu kita kelak dan regenerasi berikutnya, ditutup pabriknya,cabang2nya,anak perusahaannya ato uangnya di bank kan di failid kan,.. pilih mana hayo... dadi asue pabrik opo pilih indonesia merdeka kawan. kita arek gresik butuh pengawas dan pengawalan yaitu lingkungan sekitar pabrik itu.

EmHa Arifien 
Ada manfaatny juga gra2 BBM naik , gaji karyawn jg naik

Junaidi Abdillah 
sembayang disek dulur... mari ngono kerjo dan ngopi dan bahas lg diskusi dan pendapat kita. oc.

Langit Biruawanpitih 
EmHa Arifin.....meskipun bbm gak naik ttp ada kenaikan umk..krna itu sdh aturan

Muhammad Dani 
bbm naik , upah buruh naik, sembako naik dan segala harga kebutuhan juga naik berarti sama saja dong. ngapain pakai naik segala, atau ingin nilai rupiah berubah dari 100 rb jadi 100 jt.

Sudarto Wijaya 
Kadang2 masyarakt iku kurang faham....ank e nek kerjo pzbrik pengen bayaran akeh....tp nek onok buruh demo nuntut umk komene elek2....g ndukung..blas....

Yugi Syalindri 
solamat SElamat Ae pabrike kowat opo ora.......Nek gak kuwat zow podo ae Broooo.....

Muhammad Dani 
klau dulu 10 juta bisa beli mobil baru. sekarang 100 juta baru bisa beli mobil baru.

Sudarto Wijaya 
Ukurane gampang cak....cino2 iku wes ngerti nek umk gresik lan sekitare bakal naik akeh...lamuno g mampu mbyr umk...iku sak kiwo tengene mbunder ..tambak2 d urux d gawe pabrik...

Langit Biruawanpitih 
Umk naik itu bukan gara gara bbm naik tp itu sdh menjadi agenda tahunan dan aturan

Bunda Fadhilah Aditya 
mskpn umk naik bhan kbutuhan pkok da pda naik sblmnya jd ya sma aj. tp ya tetep disyukuri alhamdulillah aja .

Langit Biruawanpitih 
Ojoh dadi buru seng gobolok...pengusaha ketbiyen ngomong gk mampu bayar umk bakalan bangkrut tapi kenyataane tambak tambak di gresik di urug dadi pabrik kabeh...saat buruh berubah jgn hanya datang chek klock krja lalu pulang ..buktikan klo kita buruh yang cerdas tidak mau di tindas.stop upah buruh murah.lawan kaum pengusaha kapitalis...yg hanya mmntingkan keuntungan pribadinya saja..

Sudarto Wijaya 
Omongane pengusaha seng g mampu mbyr umk nek mundak ...akeh seng d copast wong2 seng g ngerti .....melok2 omongane pengusaha ..pdhl awk e yg buruh ..tp g sadr

Somat PyTueng 
Persiapan pabrik TuTop..

Fariid Juventini SejaAtie 
Alhamdulillah tahun depan gajine kerjoan aq sakmunu

Junaidi Abdillah 
lah, mas farid jarene gk kerjo nak pabrik..

Muhammad Dani 
jare pabrik akeh seng kate tutup yo?

kita seharusnya kompak, arek gresik gk kompak yo iso dadi asue pabrik, pengusaha itu gk bodoh tau...jk pun tutupo yo onok ae duwekke dan sudah perpolitiknnya tuk buat lg di luar sana,. jk kita tak berkoordinasi pd pemda setempat toh kita juga yg rugi dan tak berhukum toh...

Junaidi Abdillah 
di kota gresik ini buanyak pabrik yg besar dan mau berkoordinasi pd prmerintah setempat dan mau memobilitasi kekurangan itu yg mana salah satu nya ikut andil persahamnya, ya itu contoh pabrik besar seperti petro maupun semen itu kan bumn dulunya ya seperti itu. kita arek gresik bekerja bkn cari pesangon phk tp melainkan bekerja terus,berkembang,berhukum,berizin,dan perlu pembimbingan dan pelatihan dr pakar yg di tujuh kan pemerintah setempat toh, ayo go on mulai skrg dulur...

Junaidi Abdillah 
di kota gresik ini buanyak pabrik yg besar dan mau berkoordinasi pd prmerintah setempat dan mau memobilitasi kekurangan itu yg mana salah satu nya ikut andil persahamnya, ya itu contoh pabrik besar seperti petro maupun semen itu kan bumn dulunya ya seperti itu. kita arek gresik bekerja bkn cari pesangon phk tp melainkan bekerja terus,berkembang,berhukum,berizin,dan perlu pembimbingan dan pelatihan dr pakar yg di tujuh kan pemerintah setempat toh, ayo go on mulai skrg dulur...

Junaidi Abdillah 
di kota gresik ini buanyak pabrik yg besar dan mau berkoordinasi pd prmerintah setempat dan mau memobilitasi kekurangan itu yg mana salah satu nya ikut andil persahamnya, ya itu contoh pabrik besar seperti petro maupun semen itu kan bumn dulunya ya seperti itu. kita arek gresik bekerja bkn cari pesangon phk tp melainkan bekerja terus,berkembang,berhukum,berizin,dan perlu pembimbingan dan pelatihan dr pakar yg di tujuh kan pemerintah setempat toh, ayo go on mulai skrg dulur...

Junaidi Abdillah 
di kota gresik ini buanyak pabrik yg besar dan mau berkoordinasi pd prmerintah setempat dan mau memobilitasi kekurangan itu yg mana salah satu nya ikut andil persahamnya, ya itu contoh pabrik besar seperti petro maupun semen itu kan bumn dulunya ya seperti itu. kita arek gresik bekerja bkn cari pesangon phk tp melainkan bekerja terus,berkembang,berhukum,berizin,dan perlu pembimbingan dan pelatihan dr pakar yg di tujuh kan pemerintah setempat toh, ayo go on mulai skrg dulur...

Sudarto Wijaya 
Pokok e buruh wajib bersatu ...
Nek onok seng nggembosi...dek e iku g sadr nek klrgane iku bueuh pabrik

Junaidi Abdillah 
contoh,nya kita kompak bkn tuk berdemo melainkan kebersamaan kita bersama2 mengurangi pengangguran yg mana jika terjadi pengurangan pekerja di pabrik tersebut dan persiapkan payung tuk mereka lagi,bekerja lagi di lain pabrik maupun di tmptnya bekerja ato pemberian modal kewirausahaan nya tuk mereka, biar bs terus bekerja tdk mempergantungkn pabrik yg nota bene nya siluman mafia elit beruang, dulur... tulisan bkn provokasi,melainkan dmn saatnya tuk berkembang di pabrik ato entreprenuer sip,. dan buat mereka yg berkeluarga bs saling berpartipasi modal...alias kompaknya pekerja gresik.

Sudarto Wijaya 
Oh iyo ck Junaidi Abdillah,,,aq sak iki yo lg ngenteni nota metu twko gresik ....arek kontraan seng ng pabrik ngon q krjo ...awl poso iko arep di entekno karo JM anyar....trs tk urus cak...tk demo wonge....sak ikki wonge mwtu twko pabrik ....tp masalah tetap berlanjut.,,,

Dianna Anna 
Apa gaji kontruksi jg ikut naik ya

Candra Tetap Kurniawan A
pakah sudah deal 
Lau g salah ini keputusn gubernur,apakah dr pihak2 yg bersangkutan ud deal jg

Angel Ainie 
Podo bae cak, kl smua jga naik... Pak puk

Junaidi Abdillah 
ada yg tau gak ya apa artinya outsorcing hayo...???? 
apakah artinya cuma "pekerja borongan" istilah pekerja.

Mas Bagus Sutrisno 
Dunia IPTEK Sudah berkembang pesat, tanya Mbah Google

Syafik Udin Kc 
outsorsing itu pemindahan dari pt a ke pt b tujuanya untuk menekan biaya produksi contok koyok pabrik mie nang cv cvne iku loh cak oh iyo tres home industri tidak umk tapi lihat home industrinya nek seng gawe barang impor yo seje mane ngono tres

Sudarto Wijaya 
Iluloh contome wong jowo ..ndungakno bongsone nganggur ae,,,, arep2 bongsome d phk pabrik ae,,,, aq g ngeryi jln pikiranr Rhea NurChoiriyah......g malk dongakno bongsome sejahtera tp malak tmbh elek . Thok.....

Sudarto Wijaya 
Klrgane g onok seng krj panrok paleng...
Klrgane Rhea NurChoiriyah pegawe negri kaneh ....rp nyuap mlebune....

Rhea NurChoiriyah 
Kasi prestasi yg bagus pasti gaji akan bagu.. Allah slalu brsama org2 yg bersyukur

Sudarto Wijaya 
Rhea NurChoiriyah @ opo o pean koq koyok e g lilo..g eeidho nek u, k naik. !, urusane opo karo SDM e bueuh....opo pean pengusaha? ???

Sudarto Wijaya 
Urusane opo pean krr umk naik.??? Opo pean pengusah! ??? Bongsomu iku tertindas ...karo sistim kapitalis .....
Pean koq g trimo.?? 2

Sudarto Wijaya Aq yakin bhw ank cucumu itu bakal calon karyawan pabrik...buruh pabrik....mugo2 ank cucumu o bakal ngalami opo swng tk alami kr konco2 buruh...

Rhea NurChoiriyah 
Hmmmm ya sudah..bekerja yg baik ya mas..jgn emosi, berpikir dingin dikit..pke logika

Langit Biruawanpitih 
Rhea NurChoiriyah klo sy jadi pengusaha punya karyawan yg tdk produktif ya lgs saya pecat kasih pesangon sesuai undang undang beres

Sudarto Wijaya 
Ya sdh pakek logika....gajian kaum indonesia itu termrah se asia tenggara mbk...

Mas Bagus Sutrisno 
JhonBrudn @ Lha nek usaha home industri Q Krupuk kemasan tp Sudah menasional cuman gk sampai EXPOR pa juga harus ngikut bayar gaji pekerja Q UMR Brow ? ,,,

Sudarto Wijaya 
Kami kaum buruh sdh pakek data dan logika ...kami survei ke pasar2....kami minta naik umk bkn tanpa data dan logika mbk Rhea NurChoiriyah

Sudarto Wijaya 
Klo anda bkn buruh alhamdulillah ...tp klo anda masih bwkerja pd org lain dan anda dpt byaran ...itu bwrarti anda tdk sadar klo anda adalah buruh mbk Rhea NurChoiriyah

Langit Biruawanpitih 
Sesuai kesepakatan perwakilan buruh dan perwakilan pengusaha setiap kenaikan UMK di sertai dg peningkatan produktifitas kerja..meningkatkan ouput hasil dan penambahan2 tugas dan pekerjaan...makanya itu pengusaha gak bakalan bangkrut

Rhea NurChoiriyah 
Ok tak ralat pak..dah smga yg trbaik buat smua

Sudarto Wijaya 
Betul bang Langit Biruawanpitih...setuju saya....tp kenapa org2 yg masih bwkwrja dan dpt bayaran koq bersikap kayak juragan ..kayak bos...pdhl dia jg buruh

Sudarto Wijaya 
Alhamdulillh mbk Rhea NurChoiriyah....mfh2 an kita semua di ampini alloh swt..atas kekhilafan kita

Rhea NurChoiriyah 
Bukan brsikap kyk juragan..qta lbh baik beri prestasi.yg baik dulu..sprti yg dibilang meningkatkan produktifitas.. jd g cuma cuap2

Mas Bagus Sutrisno 
Mbak Rea Nur @ Betul kata sampeyan, ALLAH itu selalu bersama orang2 yg bersukur, memang MATI JODOH REJEKI Sudah d aturNya, namun Beliau juga pernah berfirman, ALLAH tak akan merubah nasib satu kaum, jika kaum itu tdk ingin merubahnya, dlm hal ini kami sudah berusaha meminta Gaji yg sesuai dgn keada'an kita sa'at ini, dgn d dasari survei d lapangan, & kalau bekerja secara profesional/berprestasi, aq setiap Buruh menginginkan hal itu, karna bagi kami KULI PABRIK , KERJA ADALAH IBADAH, Jika kita tdk bersungguh2 dlm bekerja, maka rejeki yg kita peroleh pun, tdk akan BAROKAH, Apalagi untuk menghidupi keluarga, Viis ,,, KITA CARI SOLUSI BUKAN PROVOKASI ,,, DAMAI ITU INDAH !

Junaidi Abdillah 
solusinya ya itu tulisan ku di atas,.. bpak2,ibu2 yg pintar2.. dgn kita bs facebook kan gini saja, kita bs kok jual apa saja secara online dan gk pada ketergantungan jd buruh/pekerja. di marketing/suplayer pun pakai lwt fb bs... juragan krupuk bs berhaji bolak balik dgn pasar online nya dia bs kaya, jd inti nya itu kembali lg ke anda sendiri mn yg terbaik tuk anda...

Junaidi Abdillah 
jgn lah membanggakan diri jk sudah bekerja jgn semena mena, kita juga gk tau kpn pabrik itu bs terus berlanjut ato gk. jd saya ngomong ini selaku saya arek gresik tdk suka kalau bekerja tdk pakai ETIKA BISNIS, yg mn diskriminatis dan spekulasi antar tmn tak terelakkan dan menutupi kebodohannya demi mencari nafkah keluarganya yg cuma satu kpl keluarga yg kerja bs menghanyutkn puluhan keluarga dan bujangan.. jika saja satu kesalahan dr mandor kalian berdampak pada hsl produksi kalian rugi, hayo pilih mana yg harus di keluarkan....???? anak produksi yg di keluarkan atau mandor/spv/pengawas kalian...????? klu aku pilih....

Junaidi Abdillah 
heee... iya dulu thn 2011 ada juga tmn ngopi di warnet yg menanyaiku bgt, jawabannya siapa dan alasannya apa hayo...

Muhammad Samsul 
Dengan kenaikan upah UMK yang mencapai 23% harapan kami adalah adanya peningkatan kinerja parah buruh.

Sudarto Wijaya 
Kenaikan Umk pasti pengusaha jg menaikkan hrga jual produk nya....dan pasti , enaikkn kapasitas produksimya.....kita buruh pasti , engikuti proses trsb...
Sebelum kenaikan umk...para pengusaha sdh nyetok barang produk nya ....dn itu sdh merupakan strategi paara pengusaha...berpuluh2 thn...mrk tdk pernh merugi...klo ada 'phk' paska kenaikan umk , itu hanya politik ny mrk...para pengusaha ...



Afandi Kusuma
2015, UMK Gresik jadi berapa nih ?

Franzindrawin Stratocester
UMK Gresik terbesar no. 2 di Jawa Timur dengan Rp2.707.500,00, selisih Rp2.500,00 dengan Surabaya.G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ tau sdh ditanda tangani Gubernur jatim (Soekarwo)atau belum

Yowgi Ardany

alhamdulillah..syukuri wae sobat..

Ruston Efendi
Udah ditandatangani

Afandi Kusuma
jelase arek-arek yo njalok mundak iki...
mugo-mugo orderan lancar.

Bahrie Syaiful Muhammad
2.707500

Yowgi Ardany 

insya Allah bang klo udah rejeki abang pasti semua lancar. yg penting do'a dan usaha keras anda bang..

Abigel Alexa Aleya
seneng ws bwt yg punya umk,trus bwt yg g punya umk y wes minta aj nang gusti allah ,biar d cukupi sgalanya

Yuda Ningsih
Syukurlah tercapai harapannya UMK naik mudah2 an diikuti dg peningkatan kinerja yg baik.

Aan Arkhami

guru honorer hanya 20-25% dari nilai itu..ada yg memperjuangkan?

Syaiful Latif
Umk naik tapi bbm naik..sama juga g ada untung e..krn kenaikan umk sebesar 500akn g ada gunanya krn bbm naik pasti barang2 naik.
1.kost naik 50rb
2.makan naik 100rb/bulan
3.transport naik 50-100rb
4. Biaya lain naik 100rb. Jd cuma ada selisih 100rb aj

Ruston Efendi

Lumayan lah timbang umk g naik harga2 naik..
..
Pokok e hajar upah murah

Abigel Alexa Aleya
lha masak kurang sukur,gimana buruh tani,petani.pedgang,um minta kenaikan umk sopo

Saliem Sadewo




Ruston Efendi

Abigel Alexa Aleya.... Sinau disik yo.. Mumpung durung kadohan

Putri
UMK mundak..pbrik ake seng gulung tikar..pakpok

Ruston Efendi
Mosok to say?

Abigel Alexa Aleya
maksute p pak ruston,pean mangertos keadaan ndeso.namung njagano panen seng wayah 3 sasi sekali .nomung wayah ketigo ra ono opo2

Ruston Efendi
Monggo sinau rumiyin...
Kulo nggih sinau kersane mboten diakali terus...


Disalin dari Grup Suara Gresik di Facebook
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -