Giri Kedaton, Bukti kejayaan Gresik di masa lampau

Jacoebz Kurama
Bukti kejayaan Gresik di masa lampau..
Mojopahit pun meminta bantuan kediri untuk menyerbu Gresik..


Yudha Kurniawan Afandi
tapi majapahit ga pernah bisa menundukkan giri kedaton..takluknya sama mataram..

Merit Enggos
Siapa nama raja gresik waktu itu

Jacoebz Kurama
Bukan dipimpin raja..
Tp seorang Wali..

Sunan Giri.

Nana Agustin

subhanallah..takjub liatnya..maap oot ini masi ada ya smp skrng??

Jacoebz Kurama
Msh ada..
Di desa sidomukti,jl mnuju ke makam sunan Giri..

Titi Faylah
Hehe mas merit slh y ngomnyA...

Merit Enggos Titi Faylah

emange g thu boos

Jacoebz Kurama
Hmm..
Monggo disambangi..
Bangunan sejarah di kota kita..

Sonny Herandata IngGrissikh
Klo mau kesana. Bilang aja ke masyarakat sekitar, sekar kedaton area makan raden supeno, putra sunan giri. Di desa sidomukti, giri kebomas

Yudha Kurniawan Afandi

raden supeno itu putra sunan giri yg meninggal waktu kecil itu ya?

Sonny Herandata IngGrissikh

Yup

Boyong Ciblek
sekar giri kedaton

Fox-fox Tralala

 samping.nya ada makam mpu supo juga lho

Sonny Herandata IngGrissikh

Bisa jadi itu makam atau petilasan mpu supo

Jacoebz Kurama

Iy..
Disebelah timur ada ntah itu makam atau petilasan mpu supo,aq jg kurang tahu..
Trus disebelah baratnya ada makam raden supeno..

Jacoebz Kurama

Mpu supo..
Mpu yg terkenal dgn hasil karyanya yg melegenda di dunia supranatural..

Fox-fox Tralala

Mpu supo juga murid sunal ampel

Yudha Kurniawan Afandi 

aku paling suka kisahnya raden supeno..yg katanya biarpun masih kecil sudah berani dan mimpin pasukan santrinya giri kedaton melawan serangan majapahit..walaupun pada akhirnya gugur..saat mengetahui putra kesayangannya gugur,waktu itu sunan giri yg masih mengajar ngaji langsung melemparkan suding kayunya yg dipake buat mengajar mengaji..dan secara ajaib suding itu menjadi keris yang terbang dengan sendirinya dan membabat habis pasukan majapahit hingga sebagian lari tunggang langgang..klo ga salah itu keris kolomunyeng..mohon dikoreksi jika salah..

Sonny Herandata IngGrissikh
Itu legenda, babad, atau cerita dr mulut ke mulut. Kebenarannya? Hy njeng sunan Giri dan Allah SWT yang tahu.

Suara Gresik
Pencahayaan bagus, sudut pandang bagus, tempat yg bagus

Sonny Herandata IngGrissikh
Sama halnya dg patung 2 naga di gapura kiri...
Salah satunya adalah benar 2 naga.
Hanya Allah yang tahu

Yudha Kurniawan Afandi

cerita dari mulut ke mulut mas..itu yg pernah aku dengar..

Nur Yanto As
Cak Yudha Kurniawan,,,piye carane ngoreksi lha wong awak dewe uripe ora sak jaman ,,,,heheheh,,,salam

Sonny Herandata IngGrissikh
Iya. Bahkan utk keaslian keris kalamunyeng yg disimpan di giri juga diperdebatkan keasliannya

Yudha Kurniawan Afandi

hehehe..maksud saya,mungkin saja ada cerita versi lain..apa lagi kejadian di masa lampau kadang memang sulit dinalar dg pemikiran orang zaman sekarang..hehe

Sonny Herandata IngGrissikh

Konon.. banyak bukti 2 tertulis dari lembaran kulit peninggalan sunan giri yg di bawa dan diambil oleh pemerintah belanda.

Jacoebz Kurama

Suara Gresik itu pake teknik HDR mas..
Ngambil foto siang hari menjelang sore,jd awannya kelihatan..

Yudha Kurniawan Afandi
kalo menurut saya, biarkan saja lembaran2 itu dibawa. toh mereka lebih bisa menghargai. menyimpannya dan merawatnya dg benar. daripada d bawa pulang k indonesia tp nanti justru terbengkalai..yaa mungkin akan sedikit susah klo kita mau mempelajarinya,tapi yaa pihak belanda pasti mau kok membantu..hehe

Yudha Kurniawan Afandi
Hehehe..baru saja mau tak jawab klo foto ini pake mode HDR mas Jacoebz Kurama

Abdullah Hasyim

bkn hnya literatur giri krna penjjah tahu nusantara(pd waktu itu)kuatnya dkarenakan adanya ulama&untung mnghlangkan jejak" itu sbgian d bakar&sbgian dbawa k.belanda..

Sonny Herandata IngGrissikh

Pake asus zenfone?

Jacoebz Kurama
Pake kamera canon 60D mas Sonny Herandata IngGrissikh

Gondo Mono
Kolomunyeng.di ambil dari kata ..kolam.artinya pena..munyeng ..artinya lari. Jadi kolomunyeng.. Artinya .pulpen sg iso mlayu dewe nggolek.i mungsue

Sonny Herandata IngGrissikh
Sejarah byk yg disesatkan, dibelokkan, dibuat kontradiksi oleh belanda, utk memecah belah umat waktu itu

Abdullah Hasyim
kalam mas bkn kolo

Yudha Kurniawan Afandi

trus katanya sabdo palon katanya setelah 500 tahun keruntuhan majapahit, nusantara akan bangkit dan berjaya lagi...tapi..ah mungkin cuma mitos dan legenda rakyat saja

Sonny Herandata IngGrissikh
Bisa ya bisa tidak... namanya aja ramalan. Wkwkwk

Jacoebz Kurama
Mas Yudha Kurniawan Afandi itu bnar mas,,
Majapahit akan bangkit..
bukan kerajaannya tp kebesaran dan kejayaan indonesia akan segera dimulai..

Sonny Herandata IngGrissikh

Satria piningit... berapa banyak yg sdh mengaku sbg satria piningit...???
Kok masih tetap amburadul indonesia ini. Hihihi

Sonny Herandata IngGrissikh

JacoebzKurama... emg bagus tuh hasil jepretannya.

Yudha Kurniawan Afandi

jika majapahit runtuh pada sekitar tahun 1400-1500an masehi..maka seharusnya nusantara sudah bangkit saat ini

Jacoebz Kurama

Hasil jepretan kamera di edit lg sm aplikasi photomatic..

Sonny Herandata IngGrissikh

Ms Yudha Kurniawan Afandi... mungkin msh butuh waktu beberapa saat lg, gak lama lagi, bentar lagi, ya plg2 1 abad lg....

Awan Senja
Biarlah menjadi sejarah sendiri2 dlm keyakinan masing2.aq pernah baca buku babat tanah jawa, runtuhnya krajaan mojopahit,kisah wali 9,smua beda,dri buku2 itu berisi membenarkan kyakinan masing2,bahkan penuh mistery.kebenaran mutlak allah yg tau.

James Kiske

kejadian keris kolo munyeng bs jadi jg bs tidak tapi biasanya ada cerita ada bukti seperti kisah2 para Nabi Musa dg tongkatnya dan dgn ijin Allah bs membelah laut merah dan bedanya kisah para Nabi tertulis dlm Al Qur'an sdgkn kisah2 para wali hny jd buah bibir/mulut shg kisah2 tsb bs di tambah2 n dikurangi

Yudha Kurniawan Afandi

nah itu..cerita2 dalam sejarah masih bisa diputar balik faktanya..apalagi jika tidak ada bukti konkrit..klo sekedar cerita dari mulut ke mulut, bisa saja cerita itu akan di tambah2i dan didramatisir bagi yg mendukung, dan dikurang2i serta dijelek2an kisahnya bagi yg tidak suka..jadi yaa abu-abu


Irwan Ardian Syah

aku oleh takon ta??? iku ono buah mengkudu digawe opo??

Jacoebz Kurama
Gawe jamu mas..
Mengkudu/pace wes akeh kasiate..
Searching aj di mbah google

Irwan Ardian Syah 

kenapa ditaru atas situ, mala kelihatan tidak bagus

Jacoebz Kurama
Ditaruh dibotol trus dipanaskn dgn sinar matahari..
Airnya yg diambil..

Sonny Herandata IngGrissikh

Irwan Ardian Syah. Pohon pace / mengkudu itu sudah ada sejak.th 2000.
Mgkin biar sama seperti di area makam njeng sunan Giri...

Irwan Ardian Syah
bukan pohon yg saya maksut, tapi toples besar didepan masjid mending dipindah ditempat yg lain atau ditaruh di genteng gitu ato apa gtu

Herry Setiono DirindhukanSurga

mw tanya mas..museum giri itu ada pa gag ya?klo ada dmna mas?

Yudha Kurniawan Afandi
adaa..d parkiran makam malik ibrahim..

Jacoebz Kurama
Klo pohon pace yg ada di area makam sunan giri,itu beda lg ceritanya...

Gresik dgn sejuta cerita melegenda..

Irwan Ardian Syah
mengkudu di giri tidak ada biji lain dari yg lain

Herry Setiono DirindhukanSurga
lho..di parkiran malik ibrahim ada ta mas?

Dede Aditya
keliatannya mas Yudha Kurniawan Afandi paham sekali .. aq sekali2 ceritanono po.o mas... tertarik aq...

Yudha Kurniawan Afandi

oh iya..ngomong2 museum sunan giri..kalo ga salah dulu (hampir beberapa tahun yg lalu) kalo ga salah ada patung tinggi besar di depan museum..skrg patung itu dimana ya??

Yudha Kurniawan Afandi
iya..museum sunan giri letaknya di dalam parkiran malik ibrahim..jalan pahlawan..

Jacoebz Kurama

Patung buto

Yudha Kurniawan Afandi iyo mas..patung buto iku saiki didekek ndi yo? trus iku peninggalane sapa ya kira2

Nur Asiyah Wahyuni
Jaya nya gresik karna ilmu giri.
Keilmuan giri ditinggalkan lebih2 ilmu agamanya.

Jacoebz Kurama
Keilmuan Sunan Giri tergerus jaman..
Lebih2 skrng sdh masuk faham2 tentang bendera hitam dll..

Lir ilir..lir ilir..
Tandure wes sumilir..
Tak ijo royo2..
Tak sengguh pengantin anyar..

Tobishima Maguer Chibi

Ada penggalan kisahnya dalam bahasa jawa judulnya Duratmoko Ing Sinatrio

Imam Setiawan

patungnya dipindah ke kota malang klo ga salah sebagai pelengkap musium disana itu peninggalan gresi jaman hindu sblm islam masuk

Imam Setiawan
buah mengkudu menurut mitos jka ada wanita sdh menikah lama blm mempunyai anak bisa dibwt jamu biar cpet dpt momongan tp atas seizin Allah, tp jare wong tuo disek minta kejuru kunci pasti wes paham, pace iku cm perantarae saja nek keturunan ttp opo jare sing maha kuasa..

Sonny Herandata IngGrissikh

Oh ya, sekedar wacana aja ..
Suatu tempat, semakin banyak dan sering disinggahi utk dzikir, tahlil, ziarah maka akan semakin besar karamahnya, tetapi semakin besar pula godaan ghaib nya.

Edi Suryanto
Iya di tempat wudhu giri banyak sekali ghaib nya

Jacoebz Kurama

Bener bgt mas Sonny Herandata IngGrissikh .

Tp mau gmna lg..
Sdh takdirnya seperti itu..

(Gudone wong lelaku)

Abdullah Hasyim
hmmm apa iy d tmpat wudhu bnyak ghaib ny..klau musium skrng sdh aada d dekat kelurahan giri

Hamir M
Sunan giri dan cerita2nya itu bukan mitos , semua itu sejarah dan pernah ada pada zamannya,
Klau GRESIK sekarang harus bangkit lagi dari tidur panjangnya , bangun gresik sebagai daerah percontohan, dari daerah lain.
Kalau kita memegang teguh ilmu sunan giri satu saja pasti makmur.
Lir ilir dst..


Angin Salju Mny 
bukannya asta giri mang dipindah ke demak.oleh knjeng sunan & para santrinya. saat kedaton diserang gajah mada & prajuritnya. seingatku. kedaton pernah dikuasai patih majapahit sehingga kedaton giri harus bernaung ke demak guna membait sultan demak pertama. raden patah (santri sunan giri). agar pendopo walisongo didirikan utk berkumpulnya para waliyullah. mengatur strategy dakwah islamiyah sehingga majapahit runtuh dgn demak. saat keris kalamunyeng menikam tubuh gajah mada. walau kebal senjata tpi patih gajahmada kesakitan shingga kmatiannya dirahasiakan. & muksa. 

Yudha Kurniawan Afandi
loh bukannya gajah mada hidupnya di masa pemerintahan hayam wuruk ya? skitar tahun 1300an masehi..sedangkan giri kedaton sendiri didirikan pada tahun 1487 masehi..itu sudah di masa2 akhir kerajaan majapahit yg dipimpin brawijaya V..

Angin Salju Mny

maaf jika ada salah massa dlm konfrontasi majapahit & giri kedhaton. yg saya tau dri buku angeling darma. & babat tanah jawi. patih gajah mada pernah memimpin batalyon bhayangkara. utk mengusir pendirian giri kedaton. sehingga kanjeng sunan membuat benteng giri diatas bukit agar dpt diketahui bala tentara majapahit yg mau menyerang. brawijaya V melarikan diri ke bali. itu sudah ada demak. & sunan kalijogo mampu membawa kembali sang prabu saat dibanyuwangi.dgn pemahaman islam menurut sunan kali jaga. shingga brawijaya V mengasingkan diri di ampeldenta. klu masalah taun sya lupa menyimaknya.

Nur Asiyah Wahyuni
Sejarah sosok sunan giri ada yang ditulis dg mencari keuntungan materi sampai2 gambar para wali 9 pun di reka yasa itulah bukti kalau sekarang yg penting dapat untung jauh dr ilmu agama

Angin Salju Mny
sya berusaha mempelajari buku hindu dgn pemahaman islam sya.mbk mohon jgn negatif. klu ada pembenaran dari sumber yg dhoif.monggo sya dibenarkan dgn bukti . tentang keris kalamunyeng. knapa di gunung giri ada naga . mungkin yg bisa jelaskan kebenaran tentang sejarah santri adalah K.H. Muchtar jamil. monggo ditanyakan.beliau valid sejarahnya. 


Agung Azizi
sabdo palon noyo genggong punya cita-cita seperti itu, tinggal kita saja mau mewujudkan atau tidak ajaran darma/akhlaqul karimah. jika terwujud maka baldatun toyibatun (gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo) wa robbun ghofur adalah keniscayaan, Insyaalloh

Cak Mooh Ivan
seng paling sakti sak jamane ng gresik iku betoro indro gerombolan begal dan bajak laut paling ganas pada jamanya hingga sunan giri kewalahan u/ perang terbuka u/ menyiasatinya beliau mengirim muridnya (masarakat setempat menyebut dg nama buyut santri makamnya ∂ï atas jurang kotak indro) u/ nyamar jd anggota gerombolan

Red Aurora
postingan bagus + komentar cerdas... saya suka...

Red Aurora 

saya pernah baca artikel.. bahwa presiden RI (soekarno s/d SBY) itu keturunan gresik (sunan giri) berarti ditarik mundur keturunan mojopahit.. ditarik mundur lagi keturunan singhasari (ken arok - ken dedes).. ada yg bisa membenarkan? atau punya artikel lain sebagai referensi?

Sonny Herandata IngGrissikh
Fakta atau tidak, sejarah atau mitos, legenda atau apapun namanya.
Waktu dan tutur dari mulut ke mulut, sejarah kita, bangsa ini, banyak yg sudah di pusat balikkan oleh penjajah belanda.
Tidak ada kebenaran sejati fi dalam sejarah kita.
Semua pasti melihat dan memahami berdasarkan literatur masing 2.
Yg bisa kita pahami sekarang adalah memang pernah ada penggalan 2 kisah dan sejarah anak bangsa ini di massa silam.
Tergantung dari mana kita bersumber dan memahaminya.

Agus Habib Islam
Lebih jelasnya tanyakan aja pada mbah giri sendiri
Yg mati itukan jasadnya tapu rukhani nya masih ada.... ha ha ha ngapunten dulur...

Pegel Dadi Kuli
Lebih jelas smpean cari referensi di buku dan tanya ama KH.Mukhtar Jamil. beliau Insya ALLAH tau tentang smua hal mengenai sejarah gresik. 
..
Yudha Kurniawan Afandi
Di sudut Giri Kedaton..



Afandi Kusuma 
bagus

Ocik Al Machzumi 
keren

Nur Asiyah Wahyuni 
Bukti giri dihuni orang modern.

Iskak Wahyudi 
Siip cak yud fotone

Ahmad Zamani 
Ne foto thn brapa?

Faris Sang Pemenang 
Ijone kog apik ngunu cak...

Yudha Kurniawan Afandi 
foto baru tadi sore cak..hehe

Ahmad Zamani 
Iyo ta? Edit opo asli?

Yudha Kurniawan Afandi 
yup..yg pasti aku edit dulu ini cak..

Ahmad Zamani 
Sblah endi? Ak kok gak tau ngerti???

Yudha Kurniawan Afandi 
lokasi fotonya? ya di giri kedaton cak..sisi utara..

Hamir M 
Merawatnya saja butuh kesabaran, dan butuh biaya yg sangat banyak

Afandi Kusuma 
Bowwer itu siapa ya?

Jacoebz Kurama 
Nggawe kamera opo pak Yudha Kurniawan Afandi

Abdul Cholid 
Aq lho gak tahu wero rek..... werone pesarean sunan giri ae..... mantap sdut pandange....

Aqu Speed 
Apik e rek

Yudha Kurniawan Afandi
 Hehehe..Bowwer itu nama panggilan saya klo di panggil teman2 pak Afandi Kusuma

Yudha Kurniawan Afandi 
cuma pake kamera hp mas jacoebz, trus di edit2 dikit..hehe

0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -