Lokasi Bukit Jamur di Bungah Gresik -Bagaimana terjadinya bukit Jamur

Lokaasi Bukit Jamur di Bungah Gresik bisa dilihat dari foto peta lokasi berikut ini.

Bukit Jamur terletak dilahan bekas galian kapur Bungah Gresik, keindahan Bukit Jamur Gresik ini layak untuk dikembangkan. Batu jamur adalah salah satu fenomena alam dimana batuan terkikis oleh angin atau hujan yang menyebabkan bentuk batu menjadi mirip dengan jamur.  Untuk mencapai lokasi tersebut dari kota gresik melewati jalur pantura, setelah jembatan sungai Bengawan Solo Sembayat tepatnya di pertigaan Bungah belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, sekitar satu kilometer di sisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur. Setelah masuk gang lurus sampai pertigaan, kearah kiri sampai terlihat Bukit Jamur ini.

Setelah ditampilkan beberapa kali di media sosial, termasuk di Grup Suara Gresik, Bukit jamur yang berada di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik ini menjadi fenomena yang banyak dicari, termasuk oleh pengguna internet. Terbukti banyak kata-kata pencarian misalnya "bukit jamur bungah","bukit jamur gresik", "bukit jamur bungah gresik", atau "lokasi bukit jamur bungah gresik" yang diketikkan di mesin pencari internet. Sebagian pengguna internet tersebut kemudian menemukan informasi di blog Suara Gresik yang menampilkan percakapan teman-teman Grup Suara Gresik. Kata-kata pencarian yang lain yang digunakan adalah "bukit jamur di gresik" dan "lokasi bukit jamur gresik", tidak kalah banyaknya dengan pencarian tempat rekereasi lain di Gresik misalnya pencarian dengan kata "pantai dalegan" atau "wisata gresik"

Telah banyak foto-foto bukit jamur fenomenal ini diupload teman-teman warga Gresik di media sosial misalnya di Grup Suara Gresik, yang bisa kita telusuri dengan mengetikkan pencarian dengan menggunakan kata "jamur" atau "bukit jamur" atau klik disini. Sebagian foto-foto itu juga telah di upload di blog SuaraGresik.com, bisa dilihat disini.


Batu jamur atau Mushroom Rock adalah salah satu fenomena alam yang terjadi karena batuan terkikis oleh angin atau air hujan yang menyebabkan bentuk batu menjadi mirip jamur. Batu jamur biasa terbentuk di daerah yang kering. Proses pembentukannya disebabkan oleh angin atau disebut proses Eolian. Angin membawa material pasir yang berukuran kecil kemudian mengikis batu yang lebih besar, proses ini dinamakan Deflasi.

       Pada batuan 'jamur' ada bagian atas dan bagian bawah. Material batuan yang terletak di bagian atas lebih keras daripada material batuan yang di bawah, oleh karena itu material batuan di bawah lebih mudah terkikis oleh angin atau hujan. Dengan demikian menghasilkan tiang tegak seperti batang jamur. Mushroom Rock biasanya terjadi di daerah yang kering (arid) seperti gurun. Mushroom Rock juga dapat terjadi di daerah pantai, tapi terbentuknya bukan oleh angin melainkan karena ombak atau disebut proses Marin.

0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -