Peringatan dan Nasehat Bijak dari Basuki RahmadHadi

Ada satu sahabat kita yang rutin posting nasehat-nasehat dengan mengutip Al Hadist atau ayat Al Quran, atau dari seseorang. Kalimat-kalimat yang bagus dan mengandung banyak hikmah, namun rata-rata tidak banyak mendapatkan komentar. Berbeda dengan posting mengenai agama yang mengandung perdebatan, atau posting bercanda yang lucu yang mendapat banyak sekali komentar dari anggota grup yang lain. Padahal kalau ada sahabat yang lain yang bertanya, akan dibalas oleh Basuki RahmadHadi, misalnya ada yang minta lebih diperjelas atau ada yang memintah dalil.

Terima kasih kepada Basuki RahmadHadi yang istiqomah dengan kalimat-kalimat berharga. Memberikan kesegaran pada dahaga kita semua. Sehingga kita hanya bisa menyimak tanpa bisa memberikan komentar apa-apa.

Berikut adalah posting-posting sahabat kita ini :

HIKMAH WUDHU
"Jika seorang hamba berwudhu, maka gugurlah dosa-dosanya bagai gugurnya daun-daun dari pepohonan."
(HR AlBaihaqi dari Salman RA)
Abdullah Ahmad ayo menjaga wudhu

BERSYUKUR: KAYA HATI
"Alhamdulillah Dik, saudara-saudara kita berkecukupan materi, karena bila tidak, kita hanya bisa sedih dan tak mampu memberikan bantuan."
(P Susanti-Fatwa Bidadari-2000)
Abdullah Ahmad alhamdulillah

TERLALU PANJANG
"Pada hari kiamat nanti, Allah TIDAK akan memandang orang yang menyeret pakaiannya karena pamer n bangga diri."
(HR Bukhari)
Afandi Kusuma gak boleh pamer dan membanggakan diri

SANGKA BAIK KEPADA ALLAH
"Tuhan bergelar Mahasabar, bukan sangat sabar atau juga bukan terlalu sabar. Pasti Tuhan mempunyai takaran kesabarannya sendiri, memiliki kearifan n strategi sendiri, serta komprehensi penyikapan sendiri dalam rangkaian maksud dan kehendak yang sangat tak terhingga untuk mampu disentuh oleh kerdilnya akal manusia."
(Emha Ainun Nadjib)


PANJANG UMUR: BERKAH?
"Se-baik2 manusia adalah panjang umurnya n baik amalnya. Se-buruk2 manusia adalah panjang umurnya n buruk lakunya."
(HR Ahmad n Ath-Thabrani dari Anas bin Malik)


TETAP UPAYAKAN TERBAIK
"Pandanglah yang ada di bawahmu, agar kau tak remehkan nikmat Tuhanmu."
(HR Muslim dari Abu Hurairah)


SALAM SENYUM: SAPA SANTUN
"Kalian tidak beriman bila tak saling menyayangi. Inginkah kalian kutunjukkan suatu perbuatan, jika kalian lakukan, maka kalian akan saling menyayangi? -ialah- Tebarkan Salam di antara kalian."
(HR Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi n Ibnu Majah)


MANUSIA KUAT
"Pahatlah kebaikan- kebaikan belahan jiwamu di batu.
Catatlah semua kesalahannya di air, niscaya bahagia hidupmu."
(Syarhul Ayat was Sunan)


MANUSIA KUAT
"Orang kuat di antara kalian adalah yang mampu kendalikan amarah, memberi maaf n membalas keburukan dengan kebaikan."
(HR Ahmad dan Ath-Thabrani)


ZAKAT DITAHAN=BOM WAKTU
"Zakat, ibarat kotoran yang menyebabkan harta menjadi suci setelah dikeluarkan. Jika ditahan, ia akan jadi penyakit yang bisa menghabiskan seluruh harta, misalnya: sakit, kehilangan, kecelakaan, kekacauan, kerusakan, kebakaran, perampokan, penipuan atau bencana lainnya."
(Syarhul Ayat QS 9:103)


TELADAN
"Mbah Kakung, Pelindung keluarga kami, bersikap sama ramah n santunnya menghargai, baik kepada tetangga, tamu, maupun penggarap sawah beliau. Tidak membedakan status, karena Mbah berpendirian, seluruh manusia dimulyakan oleh-Nya."
( P Susanti-Fatwa Bidadari-1986)


SUSAH PAYAH, UJUNGNYA SUKSES
"Setiap orang punya harapan pencapaian tertentu. Tak mudah n perlu perjuangan serta pengorbanan untuk mewujudkannya. Oleh karena itu, saya mengerti n menghargai hidup susah." (Agnes Mo)
Dokon Ae ngutip nk koran jawa pos ya
Basuki RahmadHadi Betul, iqro' Jawa Pos, Bung!

DIBAWA, MEMBAWA KEMANA?
"Dik, coba dipikir: harta yang kita kumpul2kan ini kalau tidak dimanfaatkan optimal -untuk diri n keluarga, bantu yg susah, wakaf, jariyah, jadikan bekal akhirat-, akan kita bawa ke mana? Atau mau membawa kita ke mana?"
(P Susanti-Fatwa Bidadari-1991)


MELANCARKAN, DILANCARKAN
"Siapa menjadikan mudah urusan sesamanya, pasti Allah mudahkan urusannya di dunia n di akhirat."
(HR Muslim dari Abu Hurairah)
Arif Sinyo AMIN...
Melati Biru amiin ya robb..

SATU DARI 2 UJUNG JALAN
"Wahai Rasul, apakah yang kami lakukan agar kelak menjadi penghuni Surga?"
"Engkau beribadah kepada Allah, tak sekutukan Dia dengan apapun, dirikan Shalat, bayar Zakat & rawat Silaturahim." (HR Buchori-Muslim dari Abu Ayyub al Anshori)


ANTARA AZAN & IQOMAH
"Sesungguhnya do'a yang tidak tertolak adalah do'a antara adzan dan iqomah." (HR Muslim dari Anas bin Malik)
SEPERTIGA AKHIR MALAM
"Sesungguhnya Allah yg Mahaberkah lagi Mahatinggi, turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam, berfirman: 'Siapa berdo'a, Kukabulkan. Siapa meminta, Kuberikan. Siapa istighfar, Kuampuni'." (HR Bukhari)


NIKMAT MEMILIH
"Sungguhpun kehidupan telah menumbangkan kita, Tuhan masih beri kita pilihan untuk bangkit atau tidak."
(Xiao Dre Parker-Kungfu Kid)


CERDAS=DEKAT KEPADA ALLAH
"Bila hamba-Ku mendekatkan diri kepadaKu sehasta, niscaya Aku mendekat kepadanya sedepa. Bila ia datang kepada-Ku berjalan, Aku datangi dia dengan berlari."
(HQR Bukhari)
Amnan Faza mau dong jadi cerdas.

CERDAS=DEKAT KEPADA ALLAH
"Bila hamba-Ku mendekatkan diri kepadaKu sehasta, niscaya Aku mendekat kepadanya sedepa. Bila ia datang kepada-Ku berjalan, Aku datangi dia dengan berlari."
(HQR Bukhari)


LAKU, KREASI: TENTUKAN DERAJAT
"Dan tiap orang itu mendapat derajat seimbang dengan apa yang dilakukannya. Sungguh, Tuhanmu tak lengah dari apapun yg mereka lakukan," (QS 6:132)
Amnan Faza selalu menjaga diri

TAK MINTA MAAF? MUFLIS! (BANGKRUT SEJATI)
"Siapa berbuat aniaya terhadap saudaranya, segeralah meminta maaf. Pada hari kiamat tiada dinar n dirham, sehingga amal kebaikan penganiaya diambil sebagai tebusan bagi saudaranya yg dianiaya. Bila penganiaya tidak punya kebaikan, maka keburukan-keburukan saudara yang dianiaya diambil dan dipikulkan kepadanya." (HR Bukhari)


LUNASI FARDU, DEKAT KE ALLAH
"Tiada amal yang bisa dekatkan hamba kepadaKu lebih Aku sukai daripada hal-hal yang telah Aku wajibkan."
(HR Bukhari dari Abu Hurairah)


TUNAI FARDU & SUNNAH: DICINTAI ALLAH
"HambaKu terus mendekatkan diri kepadaKu melalui amalan-amalan tambahan (sunnah), hingga Aku mencintainya. Bila Aku mencintai hambaKu, maka Aku menjadi pendengarannya bila ia mendengar, pandangannya bila ia memandang, tangannya bila ia berbuat, dan kakinya bila ia berjalan. Bila ia minta, Aku beri. Bila ia butuh perlindungan, niscaya Aku melindunginya."
(HR Bukhari dari Abu Hurairah)
Abdullah Ahmad amin...
semoga kita bisa menjadi yang seperti demikian...

(SEOLAH) SEBENTAR SAJA
"Ketika orang-orang melihat -suasana hebat dan  mengguncangkan- pada hari Kiamat, mereka merasa seolah hanya sejenak saja tinggal di dunia: sesaat sore atau sebentar pagi hari belaka."
(QS 79:46)


SAPA, ISLAH: HATI DAMAI
"Tidak halal seseorang memutuskan hubungan dengan sesamanya lebih dari 3 malam. Hendaklah mereka bertemu utk saling curahkan isi hati; yang terbaik adalah yang pertama memberi salam (menyapa)."
(HR Bukhari)


AKHLAK BURUK=TAK MENGERTI
"Pengertian adalah ilmu kehidupan. Perilaku/perangai adalah wajah ilmu kehidupan. Buruk perangai=tak mengerti: meski berpendidikan tinggi." (Syarhul Ibroh dari GW)


UTANG LUNAS, BARU WARISAN
"Roh seseorang masih terkatung-katung sesudah wafatnya, sampai utangnya di dunia dilunasi."
(HR Ahmad)


MAQOM MANUSIA
"Kedudukan, Pangkat merupakan maqom/posisi di depan manusia, sedang Derajat adalah maqom bertingkat-tingkat di hadapan Tuhan.
Jujur, amanah: lebih tinggi dari pangkat apapun."
(Syarhul 'Ibroh dari GW)
"Sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam sebaik-baik/setinggi-tinggi mutu penciptaan, lalu (karena pilihannya sendiri) manusia Kami tempatkan di derajat paling rendah di antara makhluk yang rendah (akalnya)." (QS 95:4)


IKHLAS: PILIHAN CERDAS
"Belajarlah terus beramal ikhlas. Keikhlasan bagai mata air jernih yang menyuburkan. Hati ikhlas bagai tanah subur, sekecil apapun benih kebaikan akan mudah tumbuh berkembang."
(Jalaludin Rumi)


TAK LAYU DISEBUT KESIANGAN
"Siapapun yg menyampaikan keperluan orang tak mampu kepada penguasa, Allah akan tetapkan kakinya di atas shirathal mustaqim." (Ath-Thabrani)


TETAP BERUPAYA TERBAIK
"Apabila ditimpakan suatu musibah kepada seseorang hamba yang mengenai badan, anak atau harta bendanya, lalu ia ikhlas menerimanya, kelak hari kiamat Allah akan mudahkan hisab amalnya." (HR Muslim)


HORMATI SESAMA, BUKAN HARTANYA
"Siapa saja yang merendahkan dirinya di hadapan orang kaya karena hartanya, sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya."
(HR Muslim dari Anas bin Malik)


SAMA-SAMA TINGGAL DI NERAKA
"Bila dua muslim bertemu pedang (berkelahi, berperang) maka yang membunuh dan yang dibunuh sama-sama di neraka."
"Ini yang membunuh, kemudian bagaimana yang dibunuh?"
"Sesungguhnya yang terbunuh pun berniat keras untuk membunuh saudaranya."
(HR Bukhari)


ALAM SEMESTA: KENDALI SIAPA?
"Ketahuilah, sesungguhnya milik Allah segala yang ada di langit dan bumi. Bukankah janji Allah itu benar? Tetapi kebanyakan manusia tak tahu, tak menyadari." (QS 10:55)


SETELAH LEWATI DUNIA
"Bila setiap orang zalim mempunyai segala kekayaan di bumi, tentu mereka akan tebus dirinya dengan itu -agar mereka dibebaskan dari (siksa) balasan kezalimannya."
(QS 10:54)


TANDA SELAMAT & SUKSES
"Di antara kaum yang sukses mendapat ampunan n surga abadi adalah orang-orang yang bila berbuat keburukan atau zalimi diri sendiri, segera ingat Allah, lalu memohon ampun atas dosa-dosa  mereka, karena hanya Allah yang dapat ampuni dosa; dan mereka pun tidak meneruskan atau mengulangi perbuatan buruknya: mereka sadar bahwa itu durhaka."
(QS 3:135)


HADIAH AJEG (ISTIQOMAH)
"Jika seorang hamba sakit atau sedang safar (bepergian), maka dicatat untuknya amal kebajikan yang biasa ia kerjakan seperti di waktu ia sehat dan tidak sedang bepergian." (HR Bukhari)


BAHKAN MENGGOSOK GIGI
"Andai tak memberatkan umatku, aku wajibkan mereka gosok gigi (siwak) setiap akan shalat."
(HR Muslim)
"Shalat setelah gosok gigi, 70 (tujuh puluh) kali lebih baik daripada tanpa gosok gigi."
(HR At-Tirmidzi)


APAPUN.. BERPAHALA
"Laksanakan shalat, tunaikan zakat. Dan apa saja yang kau lakukan untuk kebaikan dirimu, pasti dapatkan pahala Allah." (QS 2:110)


TIDAK ADA HARI SIAL
"Tiada menular dan sial akibat hal-hal tertentu. Yang paling baik adalah Val."
"Apakah Val, ya Rasulullah?"
"Ucapan baik yang bangkitkan harapan (optimisme)."
(HR Bukhari Muslim)


Menipu, Korupsi=Kekufuran.
"Kalau suatu hari seorang pedagang beragama Islam menipu pembeli beragama Budha, tak bisa kita katakan: muslim sedang menipu kafir. Perbuatan menipu pada kejadian dan waktu itu adalah kekafiran, maka di dunia ruang dan waktu penipuan itu orang yang melakukannya adalah kafir."
(KH Muhammad Ainun Nadjib)
Salwa Sanjaya ada dalil nya?
Basuki RahmadHadi "Jangan makan harta sesama kalian secara batil, kecuali dengan perniagaan yang masing2 pihak saling rido (sama2 suka, rela, senang)." (al Qur-an Surat an-Nisa:29)

BAROKAH, BERKAH
"Lapis-lapis keberkahan: Mungkin bukan nikmat/musibahnya, tapi syukur dan sabarnya. Bukan kaya/miskinnya, tapi sedekah n do'anya. Bukan sakit atau sehatnya, tapi dzikir n pikirnya. Bukan sedikit atau banyaknya, tapi rido-rela n qona'ahnya. Bukan tinggi atau rendahnya, tapi tazkiyah n tawadhu'nya. Bukan kuat/lemahnya, tapi adab n akhlaknya. Bukan sempit/ lapangnya tapi zuhud dan wara'nya." (Salim A Fillah)


MAHA-SYUKUR, MAHA-SANTUN
Telah berfirman Allah Sub-haanahu wa ta'ala: "Aku sbgmana prasangka hambaKu kepadaKu; Aku bersamanya ketika ia mengingatKu; jika hambaKu mengingatKu dlm kesendirian. Aku mengingatnya dalam diriKu, dan jika dia mendekat padaKu sejengkal, Aku dekat padanya sehasta, jika dia mndekat padaKu sehasta, Aku dekat padanya sedepa, jika dia datangiKu dengan berjalan, Aku datanginya berlari."
(HR Muttafaq 'alaih)


HALAL, BERKAH: TANDA IMAN
"Wahai kaum beriman, jangan makan harta sesama kalian secara batil, kecuali dengan perniagaan yang masing-masing pihak saling rido (sama-sama suka, rela, senang). Jangan bunuh diri. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepada kalian." (QS 4:29)


SUKSES SEJATI: ABADI
"Lebih baik putus cinta, daripada tidak menolong korban," (Anggota Basarnas)
"Tak utuh iman di antara kalian, sebelum menyayangi sesamanya, seperti menyayangi diri sendiri."
(HR Imam Bukhari)
Angin Salju Mny khoir. .

SEIMBANG, TAK LUPUT
Menanam, pasti panen.
Memberi, pasti diberiNya. Menolong, pasti ditolongNya.
Memudahkan, dimudahkanNya.
Menyelamatkan, pasti diselamatkanNya. Dan sebaliknya.
"Dan langit ditinggikan-Nya, dan Dia tetapkan keseimbangan."
(QS 55:7)



CITA-CITA SEBAIK-BAIK HAMBA
Rasulullah Muhammad Saw tahajud malam hari, hingga bengkak kedua telapak kakinya.
"Bukankah Allah telah mengampuni dosa-dosa Nabi yang lalu & yang akan datang?"
"Tak bolehkah aku menjadi hamba yang bersyukur?"
(HR Bukhari Muslim dari Mughirah bin Syu'bah)


PANEN SEJATI
"Siapa yang mengajak manusia kepada hidayah Allah, akan mendapat pahala orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun."
(HR Muslim)


PENGUNDANG RIZKI
"Dekatkan diri kepada Allah dengan mendekatkan diri kepada kaum lemah. Sesungguhnya rizki dan pertolonganNya datang karena kaum lemah di kalangan kalian."
(HR Muslim)


MENGUNTUNGKAN HAMBANYA
"Siapa saja berbuat kebaikan, pasti mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan siapa berbuat jahat dibalas seimbang dengan jahatnya. Mereka sedikitpun tak dirugikan (dizalimi)."
(QS 6:160)
Mamad Chuby aamiin...
Afandi Kusuma ayo, berbuat baik, untung 10 kali lipat
Mamad Chuby in syah allah akhi....

SITUASI BAIK, BURUK= UJIAN
"Setiap yang bernyawa merasakan mati. Dan Kami uji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kalian dikembalikan." (QS 21:35)
Abdul Rohib Yg mati itu jasad doank , gk tau ruh kita kmana , apkah ruh kita tentram ap sibuk menanggung akibat jasad wadah kita yg suku menzdolimi ruh kita ,

HIDUP: BERAPA LAMA?
"Sampai kapankah gerangan
Waktu yang masih tersisa
Semuanya terdiam tak tahu
Yang terbaik hanyalah bersujud."
(Ebiet G Ade)
"Sesungguhnya Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi manusia; maka bila engkau (Muhammad) wafat, apakah mereka akan hidup selamanya?" (QS 21:34)

Afandi Kusuma sebentar

AKHLAK=WAJAH IMAN
"Sempurnanya kaum beriman adalah yg terbaik akhlaknya."
(HR Muslim)
"Siapa tinggalkan perdebatan, meski dia benar, dibangunkan rumah di surga. Siapa perbaiki akhlaknya, dibangunkan rumah di bagian atas surga."
(HR Abu Dawud dan Nasa-i)


AGAR ALLAH TERSENYUM
"Ikutilah orang yang tidak meminta imbalan kepada kalian, dan mereka adalah orang-orang yang mendapat hidayah." (QS 36:21)
Katakanlah (Muhammad):"Aku tidak meminta imbalan apapun dari seruan ini, selain kasih sayang dalam kekerabatan, kekeluargaan." (QS 42:23)


KEMURAHAN, KEAGUNGAN ALLAH
"Bila kita pernah tak ada, maka peluang kita akan menjadi anak Adam atau yang lain sama: tergantung Allah mau jadikan kita manusia atau kecoa, tikus atau apapun. Bahkan jadi manusiapun, tak pernah kita bisa memilih siapa orang tua, saudara dan di mana kita dilahirkan. Bagaimana jika sebelum dikandung Ibu, kita dikehendaki-Nya jadi seekor nyamuk atau lalat, bakteri atau apapun yg bukan orang?"
Mamad Chuby naam akhi...

PAHAMKAN AYAT, LEBIH UTAMA "Pergi menyampaikan ayat dari kitabullah lebih baik dari shalat sunnah seratus rokaat."
(HR Ibnu Majah dari Abu Dzar)


CARI MUSUH=TIDAK KREATIF
Memuat gambar Nabi Muhammad Saw melalui media apapun, tak bisa diterima kaum muslim, karna dianggap merendahkan Nabi, pun bisa jadi sarana syirik: dosa besar yang tak diampuni Allah.
Bila gambar tersebut diwartakan, pasti terjadi keributan. Sejatinya, banyak kreasi lain yg bisa dibuat tanpa menyentuh hal peka bagi sesama. Tiap warga punya hak asasi, batasnya hak asasi warga lain. Tenggang rasalah.


HALUS, LEMBUT, MENCERAHKAN
"Allah itu Mahalembut -Al Lathiif- dan mencintai kelembutan pada semua hal." (HR Bukhari Muslim dari Aisyah Ra)


IKHLAS: KUNCI PANEN
"Allah Sub-haanahu wa Ta'ala tidak akan menerima amal apapun kecuali yang ikhlas hanya harapkan wajah/rido-Nya."
(HR Abu Dawud Nasa-i dari Aisyah)
Abdullah Hasyim ikhlas-sabar-luman-nriman.(assamarqandy)asmoro qondi tuban

AMPUNAN & DERAJAT MULYA
"Inginkah kutunjukkan sesuatu yang dengannya Allah akan hapus dosa dan angkat derajat kalian?"
"Tentu wahai Rasulullah."
"Sempurnakan wudu saat-saat sulit, perbanyak langkah ke masjid dan tunggu di antara waktu shalat." (HR Muslim)
Dharmawangsa S aminn

SHALAT SYUKUR WUDU
"Wahai Bilal, apa amalan yg kau andalkan, sehingga aku mendengar langkah terompahmu di surga?"
"Wahai Rasulullah, yang kulakukan hanyalah setiap habis wudu, aku salat 2 rakaat dan sungguh-sungguh berharap salatku menjadi ibadah yang diterima."
(HR Bukhari)


DO'A TAHAJUD: DIKABULKAN
"Setiap malam hari, ada satu waktu, jika seorang hamba memohon kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah Sub-haa-nahu wa Ta'ala pasti dikabulkan-Nya." (HR Muslim)


SHALAT MALAM, TAHAJUD
"Sebaik-baik shalat setelah lima waktu adalah shalat malam."
(HR Muslim dari Abu Hurairah)
"Jangan tinggalkan shalat malam, karena itu adalah kebiasaan orang-orang  saleh untuk mendekat kepada Allah, penghapus kesalahan dan pencegah perbuatan dosa." (HR At-Tirmidzi)
"Dan pada sebagian malam, tahajudlah sebagai ibadah tambahan, niscaya Tuhanmu angkat derajatmu di maqom/ kedudukan terpuji." (QS 17:79)


IMAN & TETANGGA
"Demi Allah, dia tak beriman. Demi Allah, dia tak beriman.
Demi Allah, dia tak beriman."
"Wahai Rasulullah, siapa dia?"
"Orang yang tetangganya tak aman dari kejahatannya."
(HR Bukhari dari Abu Syuraih)

Suleha Andriany Bisa diperjelas luur ora mudeng ki...
Basuki RahmadHadi Kalau hubungan dengan tetangga baik, saling asih asah asuh, berarti imannya terbukti benar. Sebaliknya bila suka tengkar, saling usil, saling ganggu, artinya tidak ada iman. Sedang sikap beriman, umpama ada gangguan dari tetangga, memaafkan n membalas dengan tetap bersikap baik n santun sesuai teladan Nabi Muhammad Saw. Wallaahu a'lam

AL AMIIN: PEMIMPIN SEJATI
Wajar saja, para pakar bisnis n manajemen dunia mutakhir, terus giat telusuri jejak laku Nabi Muhammad Saw utk rumuskan teladan/model kepemimpinannya yg terpercaya. Bicaranya santun, bermakna, mudah dipahami, memikat dan penuh kharisma, benar meski dalam canda, ikhlas, sejuk menentramkan. Hidupnya memberi, berbagi, sampaikan amanat, harapkan kasih sayang kekeluargaan menuju rido Tuhan.


TETAP DALAM IMAN
"Wahai Rasulullah, ajarkan kepada saya suatu ucapan, yang tak seorangpun bisa ungkapkannya kecuali Anda."
"Katakanlah: saya beriman kepada Allah, lalu teguhlah dalam pendirianmu itu."
(HR Muslim dari Abu 'Amr)


BONUS, HADIAH ISTIQOMAH
"Sesungguhnya orang-orang yang nyatakan: "Robb, Tuhan kami ialah Allah," lalu teguhkan pendirian mereka (istiqomah), maka malaikat akan turun dan ucapkan: "Jangan takut, jangan merasa sedih. Gembiralah dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepada kalian. Kamilah pelindung kalian di dunia akhirat. Di dalam surga kalian akan memperoleh apapun yg kalian inginkan, meraih yang kalian minta." (QS 41:30-32)



PASANGAN IDAMAN
"Duhai Belahan Jiwaku, tak ada yang membanggakanku selain menjadi Pasangan Hidupmu, ikuti sunnah Rasul, menuju ridoNya."



BERIMAN?
Berawal dari ketiadaan, orang menikmati hidup, lalu berbuat positif (baik) untuk diri sendiri dan lingkungan, demi kelangsungan kehidupannya sendiri. Mahamurah Allah, makhluk yang berbuat positif ini dibalasNya dengan kebaikan tak terhingga di alam kekal setelah mati, bagi yang percaya.
Yang tak percaya, mengingkari logika dan perasaannya: selalu risau galau, karena tak sungguh yakin bahwa Allah itu tidak ada..

Afandi Kusuma "beriman kepada Allah bisa menghilangkan galau"
Jarum Gepak terutama setelah baca alqur'an/yasiin....


BERIMAN?
Yang tak percaya, mengingkari logika n perasaannya: selalu risau galau, karena tak sungguh yakin bahwa Allah itu tidak ada; pun tak yakin harapan panen perbuatan positifnya sesudah ia mati. Rugi.
"Yang sebenar-benarnya beriman adalah orang-orang yang yakin kepada Allah dan rasulNya, tidak ragu dan berjuang di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka. Itulah orang-orang yang benar." (QS 49:15)



BUAH & PASANGAN DI SURGA
Sampaikan kabar gembira kepada orang-orang  beriman dan berbuat kebajikan, bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali diberi rejeki buah-buahan surga, mereka berkata,"Inilah buah-buah yang diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah serupa seperti ketika di dunia, Dan mereka memperoleh pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya. (QS 2:25)



IBADAH UTAMA
"Amal umatku yang paling awal dan utama dihisab adalah shalat, jika shalatnya bagus, maka bagus seluruh amalnya."
(HR Muslim)
"Wahai Rasulullah, apakah amalan yang utama?"
"Shalatlah pada awal waktu."
(HR Bukhari)
"Pembeda antara Muslim dan Kafir adalah Shalat."
(HR Muslim)
"Sesungguhnya kaum munafik hendak menipu Allah, bila berdiri shalat, mereka melakukannya dengan malas." (QS 4:142)



Kita selalu menantikan nasehat bijak dari Basuki RahmadHadi.
0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -