Apem hanya menjadi makanan saat ada acara 'selametan'?

Afandi Kusuma
Apem Gosong

Dulu bisa jadi Apem adalah makanan yang paling enak yang paling menarik, karena adalah salah satu dari sedikit makanan olahan, sedangkan yang lain adalah makanan yang tidak diolah. Bahkan menjadi makanan wajib setiap ada hajatan. Menjadi suguhan utama untuk tamu-tamu yang dihormati, dan menyenangkan mereka dengan makanan yang istimewah.

Saat ini sudah banyak berbagai jenis makanan olahan. Apem hanya menjadi makanan saat ada acara 'selametan', dan biasanya hanya sebagai pelengkap dan diremehkan oleh banyak orang, untuk tidak dimakan. Bahkan banyak anak kecil yang menjadikannya hanya sebagai mainan.

Tentu saja tidak semua seperti itu. Ada juga yang suka apem. Makanan empuk dengan rasa kas. Bahkan ada seorang teman yang suka apem gosong. Biasanya yang gosong memang disisihkan, karena tampilannya kurang menarik untuk disuguhkan. Padahal bagi yang suka tadi, yang gosong lebih gurih dan lebih renyah.

(Foto dari Arif Gresik)





Arif Gresik
Siap dikirim...hahaha



Afandi Kusuma
 satunya seribu

Simon Hermawan Halim
Q suka apem, yg atasnya dikasih potongan nangka...

Afandi Kusuma
Simon Hermawan Halim, aku juga suka

Edy Waluyo
Mas Afandi Kusuma apem org gresik pasti suka,, setiap hajatan/selamatan pasti ada apem nya,, aq suka itu..

So Fresty
Apem yg ada nangka ^^

Yeni Dwi Lestari
Sorry aq g suka apem teman"...xixixi

Arif Gresik
Habis sholat isyaq....monggo

Agus Porwanto
Arif Gresik. Bakul apem ta saiki?

Arif Gresik
7harinya almarhum ibu

Joko Tole
apem=af wun( ampunan)

Arif Gresik
Saprol Bocah Musafir monggo gabung ikut Suara Gresik tahlil bersama...

Paymen Yatemen 
Bener ta satunya seribu.kalo bener sy mo pesen.d mana tmpte

Suara Gresik
Colek bunda Ayuna Fadjrin. Utk pesan apem

Simon Hermawan Halim
Harga ya sesuai ukuran lah...kalau besar ya harganya lebih besar karena bahannya juga lebih banyak...jadi mupeng nih....huhuhuhu

Afandi Kusuma
sak iki akeh bancak an sing gak nggawe apem

Yeni Dwi Lestari
Setau q apem cuman dipke syarat aja mas Afandi Kusuma buat hajatan tertentu, aq gak tau knpa ma alasannya kr aq gk prna nanya

Afandi Kusuma
Yeni Dwi Lestari, bisa jadi dulu adalah makanan yang paling enak,
karena (mungkin) satu-satunya makanan olahan

Afandi Kusuma
Bisa juga berhubungan dengan fatwah, atau pesan dari seorang ulama atau orang yang dituakan untuk menggunakan makanan ini pada saat selamatan. Kemudian jadi kebiasan dan jadi budaya.

Yuliani Fatmawati
Tepat q jg lo mas Afandi Kusuma,hjatan apem hrus tu

Afandi Kusuma
iya, di tempatku juga masih ada.
gak ada apemnya,
kayak ga afdol

Ucup Uddin
apem iku bahasa jawane..nek bahasa arab e afun..yg arti nya ampun. (ampunan)

Arif Gresik
Oh..






0 komentar


YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -