Solusi usaha dan kerja sama tanpa Riba tanpa Bank

Bismillah wal hamdulillah,

.
"Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami: sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS 2 Al Baqoroh ayat 32)
.
.
kemarin di postingan saya yang sebelumnya membahas tentang hukum bunga bank, ternyata ada beberapa yang tanya, bagaimana solusinya? saya berterimakasih atas responnya, mas Abdurrahman Aufa, mas Bambang Soeryanto Djupri dkk, maaf tidak bisa tag satu2. saya yakin njenengan semua mencari kebaikan dan ingin meninggalkan keburukan. insyaAllah. Allah tidak akan membebani melebihi kemampuan
dan pertanyaan seprti inilah yang membangun, tidak mementahkan semena2, apalagi mencaci maki
.
.
ada juga yang bilang, wes q utangono ae wan, butuh 50 juta. .
hehhee, meskipun misal saya bisa membantu orang tersebut, seberapa sih kemampuan saya yang satu orang?, sedangkan banyak orang yang membutuhkannya. jadi itu bukanlah solusi, maaf saya ndak jadi kasih pinjaman. . hehehe. kalau pun saya bisa membantu satu desa misalnya, bagaimana dengan desa yang lain. jadi ini jelas2 bukan solusi.
.
.

karena disini yang kita cari adalah solusi, bukan?


.
.
saya sdh berjanji kepada teman2 SG untuk memberikan yang menurut saya ini solutif, meski ini parsial, namun lebih tinggi dari pinjaman saya tadi di awal.

beberapa waktu yang lalu saya diundang oleh kawan2 dari salah satu komunitas bisnis Gresik. waktu itu pertemuannya di pendopo alun2 .

Alhamdulillah dihadiri bebrapa orang, di acara tersebut saya mengundang senior saya, mas Maulana (beliau juga da di grup ini), yang saat ini berbisnis Property, dan asyiknya bisnis tersebut 100% tanpa bunga, tanpa akad bermasalah dan tanpa bank.
.
.
.
saya sampaikan kepada kawan2 saat itu, bahwa usaha sekelas property saja bisa tanpa bank, tanpa bunga. kenapa bisnis yang kecil saja harus ke bank.?
.
.
.
pada saat itu juga dihadiri oleh mba Meri namanya, saya baru kenal sama beliau saat itu, beberpa bulan yang lalu saya masih kontak2an sama beliau.
.
.
.

pada kesempatan pertemuan itu, mba meri menceritakan pengalaman hutang bank, singkat cerita mbak meri mengatakan dari segi jumlah keuntungan saya bisa dikatakan banyak, namun saya tidak menikmatinya, tiba2 habis begitu saja. namun ketika saya dan suami memutuskan hubungan dengan bank, ALhamdulillah walaupun lebih kecil, namun bisa dinikmati, beliau juga ada di grup ini, mba Mer Hijab Gresik. semoga makin berkah yaa mba bisnisnya. . aamiin . kalau ada yang salah mohon dikoreksi yaa mbak.

.
.
.

saya awali pembahasan dengan kalimat " islam mengatur seluruh aspek kehidupan, yakni mengatur urusan individu dengan individu itu sendiri, mengatur individu dengan individu lain, dan individu dengan sang Pencipta." dan islam bukanlah seperti sajian prasmanan bisa di ambil sesukanya ( misal hanya diambil aturan individu dengan individu itu sendiri).
.
.

nah, disini saya mencoba membahas sedikit dari banyak aturan bagaimana islam mengatur individu dengan individu lain (mu'amalah) dalam hal pembiayaan.

langsung saja ,
disini saya akan pecah menjadi 2 bahasan :
*****************
1) pembiayaan untuk usaha
= > syirkah inan : beberapa orang membuat perjanjian kerjasama, mulai dari jumlah kebutuhan modal dan jenis pekerjaan masing2, modal di bagi tiap anggota tersebut.
studi kaskus, eh salah, kasus :
jumlah kebutuhan 50 juta, jenis pekerjaannya bla, bla, bla
Anda share ke teman2 anda, eh ketemu 10 orang misalnya, anda tawarkan ke mereka, dan mereka setuju. masing2 5 juta dapatlah uang 50 juta.

bagaimana bagi hasilnya? karena prosentase masing2 adalah 10% maka hak masing2 ketika mendapat keuntungan adalah 10% dari laba. bukan dari modal yaa.

saya pribadi sudah pernah menjalankan syirkah inan, pada waktu itu saya dan tim urunan 3 jutaan, sama2 setor modal, sama2 menjadi pengelola

= > syirkah mudhorobah,
anda mencari pemodal, dan anda menjadi pengelolanya, anda tawarkan proposal, dengan prediksi keuntungan, dan prediksi balik modal.

bagaimana bagi hasilnya? bagi hasil pada prinsipny adalah "anta rodhin" saling ridho. namun kebanyakan adalaah sesuai jenis usahanya, misal usaha restoran, otomatis pengelola lebih "ngoyo" jadi bagi hasil bisa lebih banyak pengelola, contoh lain bisnis warnet, karena anda hanya modal duduk sambil nunggu orang ngenet, maka bagi hasil bisa lebih banyak pemodal. tetap prinsipnya saling ridho.

saya juga saat ini menjadi pemodal di bisnis kuliner yang sudah membuka cabang kedua di jember. dengan akad syirkah mudhorobah.
.
.

*************
2) pembiayaan untuk kebutuhan sehari-hari
ingat ya, untuk kebutuhan sehari2, bukan untuk berlebih2an.
.
.
karena kemarin bang bambang mengatakan gimana kalau masalah perut? . .
jadi ini bnar2 urgent. mungkin melebar - melebar ke kebutuhan sekolah anak dan seputar itu.
.
.
= > membentuk sebuah organisasi, katakanlah PKK, nah dari anggota PKK itu menanamkan modal, misal 1 juta, anggota PKK ada 100 orang jadi terkumpul 100 juta.
ketika ada anggota PKK itu membutuhkan beras, tinggal bilang ke Pengurus, saya belikan beras 25 kg nanti sy kredit, kemudian pengurus membelikannya seharga 250 rbu misal, dan dijual 300 rbu dgn angsuran 5 bulan. begitu jg dgn kebutuhan2 yg lain.
.
.
( PRINSIPNYA JUAL BELI BARANG) anda butu apa? PKK akan menyediakan, BUKAN anda butuh berapa nanti kembalinya berapa (lebih tinggi) .
.
.
Bagaimana bagi hasilnya ? karena prosentase modal tadi 1% yakni 1 : 100 maka bagi hasilnya adalah 1% dari hasil (laba bersih) bisa di bagi tiap bulan atau tahun. sesuai kesepakatan anggota.
.
.
semacam koperasi, namun disini tidak diperbolehkan pinjam uang, jika pinjam uang maka tidak ada keuntungan dari koperasi tsb.
.
.
karena setiap penambahan pinjaman itu adalah bunga dan bunga itu riba dan riba itu dosa besar. dosa terkecil dari riba adalah sama seprti berzina dengan ibu kandung sendiri, itu baru dosa terkecil na'udzubillah min dzalik.
.
.
jika ada yang bilang riba itu sama dengan jual beli berarti sama hanya ia menantang perang dengan Allah dan Rasul-Nya.
.
.
“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu.” (Al Baqarah: 278-279)
.
.
Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan (lantaran) tekanan penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhan-Nya, lalu terus berhenti, maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datangnya larangan) dan urusannya (terserah) kepada Allah.Orang yang mengulangi, maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka.Mereka kekal di dalamnya.
(QS 2 Al Baqoroh ayat 275)
.
.
.
.
.
.
CATATAN :

KREDIT :
kredit barang, boleh ada penambahan upah. harga cash 100, harga kredit 130.
kredit uang, tidak boleh ada penambahan. pinjam 100 kembali juga 100

kredit barang berbeda dgn leasing, leasing ada sewa guna dll, insyaALlah kapan2 saya bahas juga mengenai leasing dalam pandangan islam.
.
.
.
mungkin sedikit dari pembaca ini ada yang bilang, ribet men bro bro, utang bank kan simpel, kari bayar bulanane. apalagi ada yang bilang, urusan pribadi bro ra usah dibahas nak kene. inilah dampaknya jika kita selevel, maksudnya setara.

saya berfikir kira2 jawaban apa yang pas untuk orang2 spt ini? nanti kalau dibawakan dalil, dikira dalil isoe copas ae, sitik2 dalil, sitik2 dalil, dalil kok sitik2 bro sing akeh sisan. .
sekian dari saya , Kurniawan anggota Lajnah Khusus Mahasiswa (LKM) HTI Surabaya

aseli cah panceng gresik. lek dolen nang dalegan monggo mampir, tapi janjian disik..
foto ini waktu di pendopo alun2 gresik

wallahu'alam bishowab.
dulurmu . . . .

Kurnia Wan



Afandi Kusuma


Afandi Kusuma
boleh dicopas ke blog ya...

Kurnia Wan
Ada beberapa yg perlu di edit bang. Spt bagi hasil PKK, tdi sy sebutkan 10%, seharusnya 1% , karena 1:100

Sugeng Priasto
Mantabbb Kurnia Wan
No hp simpati u brp

Kurnia Wan
WA 081.357.111.255 SMS/telp 08564.830.3190

Fithrah Suhardinata

Manfaat...tapi,mgkn sepengetahuan saya ada sedikit perbedaan....

Yg diuraikan diatas utk dagang harga cash dan kredit berbeda(2harga),itu bukankah dilarang?

Solusinya...

Harga 130rb(bisa kredit). Kalo cash didiskon 30rb jadi 100rb.

Mohon pencerahan


Kurnia Wan
InsyaAllah itu bukan 2 harga, yg dinamakan 2 harga adalah, kita menjual barang yg sama, dgn tempat yg sama, namun kita menjual dgn org yg berbeda kita kasih harga pembuka yg berbeda (belum tawar menawar). Itu yg dilarang. Harga cash dan kredit boleh berbeda. InsyaAllah sdh sy tnyakan kebeberapa sumber yg kompeten. Wallahu'alam.


Kurnia Wan
Jual beli cash dan jual beli kredit adalah akad yg berbeda. Jadi boleh beda juga mengenai harga, walaupun 1 barang.


Afandi Kusuma
Setahuku, sama-sama bagus yang disebutkan oleh Fithrah Suhardinata dan Kurnia Wan.

Harga segini untuk kredit, kalau cash ada diskon.
atau
Harga kredit segini, harga cash segini, sudah dijelaskan diawal, terserah pembeli mau milih cash atau kredit. Kalau sudah ditentukan cash atau kredit, baru melakukan transaksi dengan cara sesuai pilihannya, misalny kredit.


Kurnia Wan
Betul, yg penting akadnya jelas.
2 komentar


  1. Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 7808 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.




    KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI












    Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan AKI SOLEH 100% tembus(4D) <<< 7808 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
    trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.




    KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI





















    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355)ATAU KLIK DISINI
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus

YANG TERKAIT

Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh : Afandi, Blogger, Tenda OK, GMP, Mode Ok-Rek, OmaSae, BerKADO, - Kurir SG -